Menhub Targetkan Pelabuhan KIT Batang Dibangun Mulai 2025

Menhub Targetkan Pelabuhan KIT Batang Dibangun Mulai 2025

Ekonomi | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan pelabuhan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang akan mulai dikerjakan tahun depan. Kehadiran pelabuhan di kawasan ini untuk mendukung kegiatan ekspor produk-produk yang dihasilkan kawasan industri tersebut.

Dia berharap, dengan adanya pelabuhan yang akan dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dapat meningkatkan daya saing industri di Tanah Air.

"Bicara pelabuhan, kita sudah datang ke sana, Pelindo InsyaAllah tahun mendatang Pelindo bersama Kementerian Perhubungan bisa membuat pelabuhan yang sesuai dibutuhkan kawasan Batang," ujar Budi Karya daat ditemui usai Peluncuran Runhub di Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, KIT Batang merupakan salah satu kawasan industri terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Hal ini mulai dari terintegrasinya simpul transportasi, mulai dari jalan tol, hingga kereta api.

Namun, masih ada satu simpul transportasi yang saat ini masih kurang, yaitu ketersediaan pelabuhan untuk mendukung kegiatan ekspor.

"Ini hanya kurang satu saja, yaitu pelabuhan, itu Pelindo sudah tender, tapi pemecah ombak dan alurnya saja," ujar Bahlil.

"Kawasan industri ini pasti terbaik dari yang lain, tanah murah, ada rel kereta api, ada pelabuhan, dan jalan tol juga," tuturnya.

Topik Menarik