Hore! Jokowi Jamin Bantuan Pangan Diberikan sampai Desember 2024

Hore! Jokowi Jamin Bantuan Pangan Diberikan sampai Desember 2024

Ekonomi | inews | Rabu, 26 Juni 2024 - 20:39
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau stok beras dan menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah di Komplek Pergudangan Bukit Tunggal, Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada hari ini, Rabu (26/6/2024). Ia pun menjamin bantuan pangan akan diberikan sampai Desember 2024.

Menurut Jokowi, keputusan tersebut telah diperhitungkan berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kemarin kita hitung jadi nanti akan dilanjutkan, yaitu masuk ke Agustus, masuk lagi ke Oktober, masuk lagi ke Desember ya. Kita syukuri karena hitung-hitungan di APBN bisa seperti itu," ucap Jokowi.

Jokowi juga memastikan pentingnya kualitas beras yang didistribusikan. Menurutnya, beras yang dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat adalah beras premium.

"Berasnya bagus semua ya? Karena yang kita kirim ke Bapak dan Ibu ini adalah beras-beras premium," tutur dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini mengakui bahwa menyeimbangkan harga beras bukanlah perkara mudah. Menurutnya, jika beras mahal maka petani akan senang, dan sebaliknya masyarakat tidak senang.

"Itulah memang tugas pemerintah menyeimbangkan. Kalau memang stoknya kurang di dalam negeri tidak ada, ya mau tidak mau mesti impor supaya harganya tidak naik karena kalau suplainya kurang, otomatis harga mesti langsung naik," katanya.

Sementara itu, Jokowi memastikan saat ini stok beras yang dimiliki pemerintah mencapai 1,7 juta ton. Stok melimpah ini juga berperan untuk mencegah permainan harga dari tengkulak atau pihak lainnya.

"Kalau ibu-ibu masih ragu nanti lihat di dalam (gudang). Stoknya ada berapa?  Benar ada nggak? Cek di dalam. Dari sini saja kelihatan segunung kayak gitu. Inilah stok cadangan beras yang kita miliki agar harga tidak dimainkan, baik oleh tengkulak maupun oleh yang lainnya," ujar Jokowi

Topik Menarik