Heboh 109 Ton Emas Antam Palsu, Lembaga Sertifikasi Inggris Cek Kemurniannya

Heboh 109 Ton Emas Antam Palsu, Lembaga Sertifikasi Inggris Cek Kemurniannya

Ekonomi | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 15:07
share

LONDON, iNews.i d - Masyarakat tengah dihebohkan dengan kabar 109 ton emas yang diproduksi Antam palsu. Hal ini bersamaan dengan penetapan 6 tersangka kasus korupsi yang tengah diusut oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Lembaga sertifikasi kemurnian emas di Inggris, London Bullion Market Association (LBMA) pun langsung mengecek kemurnian emas milik Antam. LBMA sendiri juga merupakan lembaga yang dipilih Antam untuk sertifikasi seluruh produk logam mulianya.

"Seluruh produk emas logam mulia Antam diperoleh dengan sertifikat resmi, dan diproses di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah disertifikasi oleh London Bullion Market Association," bunyi keterangan Antam dikutip dari Reuters, Kamis (6/6/2024).

LBMA sendiri tengah melakukan peninjauan terhadap tuduhan tersebut. Namun, pihaknya belum menetapkan batas waktu karena prosesnya membutuhkan banyak campur tangan pemilik kepentingan.

Sebagai informasi, dalam kasus korupsi emas palsu tersebut, tersangka diketahui memproduksi 109 ton emas di kurun waktu 2010-2021. Namun, tidak diketahui ke mana didistribusikannya emas tersebut setelah dicap.

Topik Menarik