IBID Tawarkan Pengalaman Lelang yang Mudah dengan Sistem Digital, Begini Cara Mengikutinya

IBID Tawarkan Pengalaman Lelang yang Mudah dengan Sistem Digital, Begini Cara Mengikutinya

Ekonomi | surabaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:20
share

JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Hingga saat ini lelang masih dianggap sebagai aktivitas yang hanya dilakukan oleh kalangan tertentu, misalnya pejabat atau pebisnis. Barang-barang yang dilelang pun umumnya merupakan barang-barang mewah dari brand ternama dengan harga yang fantastis.

Namun seiring berkembangnya teknologi, siapa saja bisa mengikuti lelang, dan melelang barang-barangnya secara online.

PT Balai Lelang Serasi (IBID) yang berdiri sejak 2007 masih terus konsisten menyediakan platform lelang online yang bisa diikuti oleh siapa saja. 

IBID merupakan balai lelang terpercaya di bawah naungan Grup Astra yang berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan RI.

Barang-barang yang dilelang pun sangat variatif, mulai dari otomotif maupun non-otomotif, seperti mobil, motor, alat berat, dan barang lifestyle.

Menariknya, proses lelang bisa diikuti dengan mudah, baik melalui website atau aplikasi IBID. Informasi mengenai layanan IBID juga bisa didapatkan melalui Instagram @ibid_balailelangserasi.

“Proses lelang di IBID dilakukan secara digital. Mulai dari proses registrasi, pembelian Nomor Peserta Lelang (NPL), pengecekan jadwal lelang, hingga titip jual, dan beli aset pribadi maupun perusahaan. Sehingga, prosesnya lebih aman dan mudah,” terang Daddy Doxa Manurung, President Director IBID.

Tak hanya tersedia secara online, saat ini IBID juga memiliki 10 cabang yang tersebar di berbagai daerah untuk memudahkan peserta lelang dan penitip untuk melihat objek lelang.

 

Metode Lelang di IBID

Untuk mengikuti lelang di IBID, tersedia beberapa metode lelang yang bisa dipilih, yakni Live Auction, Timed Auction, Flash Auction, dan Closed Auction. Setiap metode memiliki ketentuan dan waktunya masing-masing yang bisa dipelajari lebih lengkap melalui website resmi IBID.

Tips Mengikuti Lelang di IBID

Jika tertarik mengikuti lelang online, berikut tips mengikuti lelang di IBID agar mendapatkan barang yang diinginkan.
Kenali Penyelenggara Lelang

Seringkali lelang online diselenggarakan oleh komunitas tertentu seperti halnya lelang mobil, biasanya diselenggarakan oleh komunitas mobil. Begitu juga dengan lelang motor, lelang gadget, dan fesyen.

Selain komunitas, lelang online kini juga diselenggarakan oleh perusahaan Balai Lelang. Salah satunya IBID, yang mana seluruh aktivitas lelang dilakukan secara online melalui website dan aplikasi IBID.

Catat Peraturan dan Jadwal Lelang

Setelahnya, bisa mengecek jadwal lelang dan peraturan yang berlaku di lelang IBID. Tiap penyelenggara punya aturan yang berbeda, namun beberapa hal yang perlu dipastikan adalah mengenai jadwal lelang, lot lelang, dan jadwal Open House.

Ketahui juga soal mekanisme lelang, jangka waktu pelunasan, metode pembayaran deposit Nomor Peserta Lelang (NPL), serta peraturan lainnya yang berlaku pada lelang yang sedang diadakan.

Lakukan Survei Unit yang Dilelang

Lakukan survei harga pasaran dan kondisi objek lelang IBID. Dengan mengetahui harga pasaran dan kondisi objek lelang, Anda dapat mengatur budget yang harus disiapkan ketika melakukan lelang dan terhindar dari penawaran impulsif yang cenderung merugikan.

Gunakan Jaringan yang Stabil

Proses lelang online dilakukan dalam waktu terbatas. Jika koneksi internet tidak stabil atau buruk, besar kemungkinan Anda sulit melakukan penawaran. Banyaknya penawar, intensitas penawaran, serta banyaknya unit yang dilelang membuat Anda harus berada di jaringan internet yang stabil ketika mengikuti lelang online.

Tetap Berpikir Rasional

Jangan mengikuti lelang karena pemikiran yang impulsif agar lelang yang diikuti tetap kondusif dan tidak merugikan pihak manapun, terutama pemilik objek yang dilelangkan. 

Jika peserta memberikan penawaran secara impulsif, barang yang dimenangkan akhirnya justru memiliki nilai yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan wanprestasi jika tidak dilunasi.

Jika ingin mengikuti lelang IBID, bisa langsung mengakses laman resmi IBID di ibiddotastradotcodotid atau aplikasi IBID yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. 

Banyak yang sudah membuktikan langsung kualitas layanan yang dihadirkan balai lelang IBID. Salah satunya diungkap oleh Adrianus Latuputty, yang sudah mengikuti lelang IBID sejak lama.

“Pelayanan IBID yang saya lihat sudah cukup bagus dan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk informasi unit, saat ini sudah sangat bagus karena sudah menggunakan barcode, jadi kita bisa melihat detail informasi unit yang ada saat ini,” ungkapnya.

Pengalaman serupa juga dipaparkan oleh pengguna lainnya bernama Aulia Rahman. “Pengalaman saya ketika lelang di IBID sangat memuaskan karena penggunaan aplikasi juga gampang, hasil inspeksi kendaraan pun sesuai dengan kondisi saat saya melihat langsung. Untuk pelayanan semua puas, pengeluaran unit, pengambilan BPKB, serta kita nanya-nanya tentang pelunasan atau BPKB itu enak,” tuturnya.

Kehadiran IBID membuat proses lelang jadi semakin mudah, aman, dan bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana dan kapan saja.  "Jadi, tidak terbatas pada kalangan atau komunitas tertentu yang memiliki akses khusus terhadap lelang online," tandasnya.
 

Topik Menarik