Sri Mulyani Bertemu Menkeu Arab Saudi, Bahas Peran IsDB hingga Penguatan Hubungan Ekonomi

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Arab Saudi, Bahas Peran IsDB hingga Penguatan Hubungan Ekonomi

Ekonomi | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 08:36
share

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati menggelar pertemuan dengan Menkeu Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Abdullah Al-Jadaan. Pertemuan ini dilakukan di sela-sela agenda kunjungan di Washington DC, Amerika Serikat Kamis (18/4/2024).

Sri Mulyani menjelaskan, dalam pertemuan bilateral tersebut keduanya mendiskusikan peningkatan peran Islamic Development Bank (IsDB) dan penguatan hubungan ekonomi kedua negara serta sejumlah keuangan lainnya,

"Peran multilateral development bank seperti @isdb_stories saat ini semakin penting dan diharapkan bisa menjembatani kesenjangan dan kebutuhan pembiayaan untuk negara-negara yang membutuhkan," ujar Sri Mulyani dikutip dari Instagram @smindrawati, Sabtu (20/4/2024).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, menjelang gelaran IsDB Annual Meeting 2024 di Riyadh sepekan mendatang yang juga merupakan peringatan 50 tahun berdirinya institusi tersebut, dia menyampaikan bahwa IsDB perlu untuk melakukan pembaruan sehingga menguatkan perannya dalam mendukung negara-negara anggota menghadapi tantangan global saat ini.

"IsDB juga perlu menjadikan operasinya lebih efektif dengan menyederhanakan beberapa prosedur pembiayaan dan semakin meningkatkan keterlibatan negara-negara anggota dalam mengarahkan kebijakan IsDB," ucapnya.

Selain itu, Sri Mulyani menyebut, sebagai negara anggota terbesar ke-3, Indonesia tentu berharap IsDB dapat semakin baik dalam membenahi tata kelola, prosedur, kapasitas, dan instrumen pembiayaannya.

Topik Menarik