3 Ruas Tol Trans Sumatera Resmi Terintegrasi, Sistem Transaksi Berubah

3 Ruas Tol Trans Sumatera Resmi Terintegrasi, Sistem Transaksi Berubah

Ekonomi | inews | Selasa, 2 April 2024 - 13:21
share

JAKARTA, iNews.id - Tiga ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mulai diberlakukan integrasi pada, Selasa (2/4/2024) pukul 00.00 WIB. Ruas yang dimaksud meliputi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) dan Indrapura-Kisaran (Inkis).

Dengan integrasi tersebut, maka sistem transaksi mengalami perubahan. Adapun, pemberlakuan integrasi untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan tol di wilayah Sumatera Utara, serta memperhatikan ketersinambungan transaksi pengguna jalan tol.

Implementasi atas integrasi pada ruas-ruas tol tersebut salah satunya berdampak terhadap penonaktifan transaksi di Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi di Jalan Tol MKTT.

Ruas Tol MKTT sepanjang 61,7 kilometer (km) dikelola oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol dan telah beroperasi sejak 2017, Ruas Tol Kutepat seksi Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28,3 km dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita telah beroperasi sejak November 2023.

Kemudian, ruas Tol Inkis sepanjang 47,75 km dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) telah beroperasi Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) sejak November 2023.

Sistem pengumpulan tol pada ruas-ruas tersebut akan dilakukan dengan tertutup secara penuh, tulis manajemen dikutip melalui laman resmi Kementerian BUMN.

Dengan demikian, mekanisme transaksi akan berlaku sebagai berikut:

Pertama, pengguna jalan tol yang berasal dari Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belawan Medan Tanjung Morawa, dan Ruas Medan Kualanamu Tebing Tinggi yang akan menuju Tol Tebing Tinggi-Indrapura atau Inkis akan melakukan transaksi tapping gardu masuk pada masing-masing ruas tersebut.

Kemudian, diloloskan pada GT Tebing Tinggi (JMKT) untuk kemudian melakukan transaksi tapping gardu keluar pada gerbang tol milik Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Inkis dan membayar tarif sesuai dengan asal tujuan.

Kedua, pengguna jalan tol yang berasal dari Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Inkis yang akan menuju Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belawan Medan Tanjung Morawa, dan Ruas Medan Kualanamu Tebing Tinggi akan melakukan transaksi tapping gardu masuk pada masing-masing ruas tersebut.

Kemudian, diloloskan pada GT TebingTinggi (JMKT) untuk kemudian melakukan transaksi tapping gardu keluar pada gerbang tol milik Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belawan Medan Tanjung Morawa, dan Ruas Medan Kualanamu Tebing Tinggi dan membayar tarif sesuai dengan asal tujuan.

Topik Menarik