MNC Kapital Indonesia Catat Pendapatan Rp2,95 Triliun di 2023

MNC Kapital Indonesia Catat Pendapatan Rp2,95 Triliun di 2023

Ekonomi | inews | Selasa, 2 April 2024 - 10:19
share

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) mencatatkan pendapatan konsolidasian sebesar Rp2,95 triliun di 2023 atau tumbuh 3,7 persen secara year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan BCAP mayoritas berasal dari bunga dan dividen yang mencapai 63,5 persen dari total pendapatan konsolidasian, dengan nominal sebesar Rp1,87 triliun atau naik 12,2 persen yoy dari Rp1,67 triliun pada 2022.

Di samping itu, pendapatan premi bersih Perseroan tercatat meningkat 6,2 persen yoy menjadi Rp348,8 miliar, pendapatan digital berhasil menanjak 12,5 persen yoy menjadi Rp326,9 miliar, pendapatan pasar modal menyentuh Rp301,4 miliar, pendapatan pembiayaan keuangan syariah dan operasional lainnya masing-masing sebesar Rp27,4 miliar dan Rp75,0 miliar pada akhir Desember 2023.

Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp77,6 miliar pada 2023, dengan total laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp55,9 miliar.

Secara kuartalan, total pendapatan Perseroan di sektor digital terus menunjukkan tren positif yaitu dari Rp70,7 miliar pada kuartal III 2023 menjadi Rp80,6 miliar pada kuartal IV 2023, atau meningkat 13,9 persen. Pendapatan premi bersih juga mengalami peningkatan sebesar 46,6 persen dari Rp80,9 miliar di kuartal III 2023 menjadi Rp118,5 miliar pada kuartal IV 2023.

Jika dibandingkan dengan kuartalan yang sama tahun lalu, pendapatan Perseroan dari premi bersih melambung hingga 108,5 persen dari Rp56,8 miliar pada kuartal IV 2022 menjadi Rp118,5 miliar di kuartal akhir 2023.

Kontributor pendapatan BCAP yang tertinggi berasal dari MNC Bank sebesar 48,1 persen dari total pendapatan, dilanjutkan dengan MNC Life 10,6 persen, MNC Insurance 9,0 persen, MNC Finance 8,4 persen, MNC Leasing 5,7 persen, MNC Sekuritas 5,5 persen, MNC Asset Management 0,8 persen, FM Digital Solution 0,7 persen, MNC Teknologi Nusantara 0,6 persen, dan lain-lain 10,6 persen.

Dilihat dari sisi neraca, total aset konsolidasi BCAP mencapai Rp25,9 triliun pada tahun 2023, atau naik 6,4 persen yoy dibandingkan dengan Rp24,3 triliun pada tahun 2022. Sedangkan jumlah liabilitas konsolidasi Perseroan tercatat sebesar Rp18,9 triliun atau tumbuh 4,2 persen yoy dari tahun sebelumnya sebesar Rp18,1 triliun dan posisi ekuitas konsolidasian meningkat 12,9 persen yoy menjadi Rp7,0 triliun pada 31 Desember 2023.

Update Bisnis

Pada tahun 2023, BCAP dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) berkolaborasi dalam rangka menyediakan fasilitas pembiayaan syariah serta layanan perbankan dan remitansi kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Bank Rakyat akan bertindak sebagai mitra layanan perbankan bagi PMI di Malaysia untuk melakukan transaksi pemotongan otomatis (autodebet) dari gaji yang diterima saat bekerja di Malaysia, langsung ke rekening MotionBank.

BCAP juga terus mengembangkan Motion Digital, yang mengkonsolidasikan layanan-layanan berbasis transaksi seperti aplikasi MotionBank oleh MNC Bank, MotionTrade oleh MNC Sekuritas, serta MotionPay dan Flash Mobile oleh MNC Teknologi Nusantara. Aplikasi-aplikasi di dalam ekosistem Motion Digital akan diintegrasikan secara seamless untuk memudahkan nasabah dalam mengelola dan memantau transaksi mereka di berbagai layanan, mulai dari transaksi perbankan sehari-hari, pembiayaan digital, investasi saham dan reksa dana, hingga wealth management.

Selain memperkaya kapabilitasnya dengan fiturfitur terkini, MNC Bank melakukan rebranding aplikasi MotionBanking menjadi MotionBank. Hal ini dilakukan untuk memperkuat citra MotionBank sebagai aplikasi layanan perbankan digital dengan segala kenyamanan yang ditawarkan, sekaligus menjadikannya sebagai top of mind, sehingga mendorong pengguna MotionBank untuk semakin aktif melakukan berbagai aktivitas perbankan kapan saja, di mana saja.

Aplikasi MotionBank juga berhasil mengadopsi model bisnis Banking as a Service (BaaS) yang memungkinkan perusahaan non-bank untuk mengakses layanan perbankan digital dengan sistem Application Programming Interface (API). Berbekal BaaS, Perseroan akan semakin agresif dalam memperluas produk dan layanan keuangannya, serta menjangkau lebih banyak segmen pengguna baru, termasuk kelompok unbanked dan underbanked.

MNC Sekuritas mengoperasikan MotionTrade, aplikasi online trading saham dan reksa dana yang menawarkan lebih dari 190 produk lengkap dan inovatif. Selain mempertahankan posisinya sebagai salah satu penyedia layanan ritel brokerage terkemuka di Indonesia, MNC Sekuritas juga menegaskan kehadirannya dalam industri penjamin emisi efek. MNC Sekuritas secara aktif mengadakan kegiatan edukasi pasar modal dan turut mendorong pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia, salah satunya dengan meluncurkan fitur filantropi yang memudahkan investor dalam berinvestasi dan berbagi.

Sepanjang tahun 2023, MNC Sekuritas berhasil meraih berbagai penghargaan, antara lain dalam ajang AB SOTS Terbaik Mitra Penyelenggara IDX Islamic Challenge 2023, Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2023, Indonesia Human Capital Brilliance Awards 2023, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2023, 12th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2023, hingga ke taraf internasional seperti ajang penghargaan tahunan Asiamoney Brokers Poll 2023.

Unit bisnis Perseroan yang menawarkan fasilitas pinjaman untuk refinancing kendaraan bermotor dan properti, MNC Finance, juga menorehkan prestasi dengan menerima penghargaan berpredikat "Sangat Bagus" dalam acara Infobank Multifinance Award 2023. Penghargaan ini menegaskan pencapaian positif MNC Finance serta komitmennya untuk menyediakan pembiayaan konsumen yang kompetitif dan berkualitas melalui diversifikasi produk yang diterima berbagai segmen masyarakat. Melalui aplikasi MotionCredit, MNC Finance memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengajukan pembiayaan multiguna kapan saja, di mana saja, hanya melalui smartphone.

Pada tahun 2023, MNC Life meluncurkan program afiliator bernama Bestie. Sebagai fitur terkini dalam aplikasi MotionLife, Bestie menghadirkan solusi inovatif bagi individu yang ingin memperoleh penghasilan tambahan, hanya dengan membuat konten digital inspiratif dan membagikan tautan. Menyasar target Gen Z, Milenials, serta siapapun yang memiliki smartphone dan kreativitas, setiap afiliator berpotensi memperoleh komisi hingga 10 persen dari setiap penjualan produk asuransi yang dipasarkannya.

MNC Teknologi Nusantara yang mengoperasikan MotionPay dan Flash Mobile, terus berinovasi dalam mengembangkan model bisnis dan produknya untuk memperkuat posisinya dalam industri fintech di Indonesia. Bisnis co-branding oleh MotionPay menghadirkan layanan keuangan secara masif ke dalam ekosistem mitra yang didukung teknologi terkini untuk meningkatkan pengalaman bertransaksi secara seamless di platform mitra seperti proses registrasi, account linkage, QRIS, layanan tagihan hingga hiburan. MotionPay juga memperluas jangkauan layanan pembayaran hingga ke luar negeri melalui kerja sama QRIS cross-border, khususnya di Asia Tenggara.

Sedangkan Flash Mobile, yang menyediakan solusi lengkap untuk menerima pembayaran secara online dan offline, juga menawarkan beragam layanan pembayaran tagihan. Selain itu, Flash Mobile memperluas jaringan pembayaran internasionalnya untuk melayani transaksi lintas negara, termasuk proses transfer, setor, dan tarik tunai yang lebih praktis dan hemat biaya bagi para PMI dan keluarga penerima manfaat di Indonesia.

Selain itu, Shandong Heavy Industry Group (SHIG), salah satu perusahaan manufaktur alat berat dan truk terbesar di Tiongkok, melalui anak perusahaannya SINOTRUK, telah menandatangani perjanjian joint venture (JV) dengan BCAP untuk kepemilikan di MNC Leasing.

Melalui kerja sama ini, SINOTRUK akan mampu memperkuat bisnis penjualan alat berat dan truknya di Indonesia, di mana MNC Leasing akan menjadi mitra strategis untuk menyediakan pembiayaan kepada pelanggannya. Sedangkan di sisi MNC Leasing, investasi ini akan memperkuat struktur permodalan dan membuka peluang untuk mendapatkan tambahan pendanaan dari mitra internasional, di samping memperoleh pelanggan baru dari SINOTRUK.

Topik Menarik