Rumus Slovin: Pengertian, Kapan Digunakan dan Contoh Soalnya

Rumus Slovin: Pengertian, Kapan Digunakan dan Contoh Soalnya

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 12 Desember 2022 - 21:11
share

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kalian apa itu rumus slovin dan bagaimana cara menghitungnya? Jika belum, simak penjelasan di bawah ini agar bisa menjawab soal di sekolah.

Rumus slovin adalah salah satu rumus untuk menghitung ukuran sampel penelitian kuantitatif. Menurut Sugiyono (2008 : 120) menyebutkan bahwa sampel adalah sebagian dari populasi yang memiliki karakteristik yang relatif sama dan dianggap dapat mewakili populasi.

Teknik sampling merupakan cara pengambilan sampel yang nantinya mampu menggeneralisasi populasi yang ada. Teknik sampling ini diperlukan karena keterbatasan peneliti untuk menjangkau semua populasi dengan wilayah penelitian yang luas dan besar.

Terdapat beberapa macam cara untuk menentukan ukuran sampel dari suatu populasi, baik untuk ukuran populasi yang diketahui maupun yang tidak diketahui (terlalu besar). Salah satu caranya adalah dengan rumus slovin.

Cara Menghitung Rumus Slovin

Rumus slovin adalah salah satu teori penarikan sampel yang paling populer digunakan. Rumus slovin biasa digunakan apabila peneliti melakukan survei yang tujuannya untuk mengestimasi proporsi populasi, bukan untuk mengestimasi rata-rata populasi atau parameter lainnya.

Sebelum menggunakan rumus slovin, peneliti harus menentukan batas kesalahan yang akan digunakan, dinyatakan dalam bentuk presentasi. Semakin kecil batas kesalahan yang digunakan maka hasil penelitian yang didapatkan akan semakin baik atau akurat.

Rumus Slovin dan Contoh Soal

Dikutip dari buku Metodologi Penelitian Kuantitatif, karya Firdaus, M.M, berikut ini adalah rumus slovin yang dapat kalian gunakan untuk menghitung ukuran sampel penelitian

Keterangan:

n : Jumlah sampel
N : Jumlah populasi
e : Batas kesalahan (Error Tolerance)

Contoh Soal Rumus Slovin

Sebuah populasi dengan seluruh karyawan yang ada di sebuah perusahaan yang berjumlah 1.275 orang, ingin melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan batas kesalahan 5%. Maka jumlah sampel penelitian yang didapatkan adalah :

Penjelasan :
n : 1275/1 + 1275(0,05)2
n : 1275/1 + 1275 (0,0025)
n : 1275/1 + 3,1875
n : 1275/4,1875
n : 304

Jadi, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 304 responden. Sementara, seandainya peneliti menetapkan batasan kesalahan sebesar 10%, maka sampel penelitian yang didapatkan sebanyak 93 orang.

Nah, itu dia penjelasan tentang rumus slovin dan contoh soalnya. Semoga dapat dimengerti dan dapat membantu kalian dalam menghitung ukuran sampel penelitian.

Topik Menarik