Ajib! Kucuran Insentif Imam-Ririn ke RW, Sampah Bakal Lenyap dari Depok

Ajib! Kucuran Insentif Imam-Ririn ke RW, Sampah Bakal Lenyap dari Depok

Terkini | depok.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 15:30
share

DEPOK, iNews Depok.id – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Depok, Imam Budi Hartono - dr. Ririn Farabi Arafiq (Imam-Ririn) akan mengucurkan insentif ke RW untuk mengolah sampah termasuk dengan membakarnya dengan insenerator ramah lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Imam Budi Hartono baru-baru ini terkait strategi Imam-Ririn dalam menangani permasalahan sampah di Kota Depok. Imam-Ririn mendapat nomor urut 1 di Pilkada Depok 2024.

Menurut Imam, permasalahan sampah di Kota Depok salah satunya adalah penuhnya TPA Cipayung sebagai penampungan akhir sampah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Imam menyatakan akan membuat sampah sesedikit mungkin tersisa di tingkat RT RW. Caranya dengan memanfaatkan sampah menjadi barang berguna baik melalui daur ulang atau mengkonversi menjadi pupuk dan maggot.

Sedangkan sampah yang tidak bisa dimanfaatkan akan dibakar melalui insinerator ramah lingkungan.

"RW yang mengolah sampah akan mendapat insentif dari Pemkot Depok," kata Imam Budi Hartono.

Dengan cara ini, pengolahan sampah akan dilakukan bareng-bareng di seluruh penjuru Depok sehingga sampah tersisa menjadi sangat sedikit.

Sementara sampah di TPA Cipayung akan dibakar menggunakan insinerator ramah lingkungan.

Sebagaian lagi, kata Imam, sampah akan diubah menjadi bahan bakar atau  Refused Derived Fuel (RDF) dengan kapasitas 300 ton sampah per hari. Imam mengungkapkan Pemkot Depok sudah mendapat bantuan Kementerian PUPR untuk mengolah sampah menjadi bahan bakar.

”Prosesnya lagi berjalan dengan dana PUPR,” ceplos Imam.

Topik Menarik