Profil dan Biodata Wasit VAR Thailand Sivakorn Pu-Udom, Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23

Profil dan Biodata Wasit VAR Thailand Sivakorn Pu-Udom, Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23

Olahraga | cilacap.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 14:40
share

iNewscilacap.id - Sivakorn Pu-Udom, wasit asal Thailand yang sebelumnya menuai kontroversi di pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Qatar, kembali ditunjuk untuk memimpin laga semifinal melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024.

Keputusan ini sontak menimbulkan kekecewaan dan kekhawatiran di kalangan suporter Timnas Indonesia.

Profil dan Perjalanan Karir Sivakorn Pu-Udom

Sivakorn Pu-Udom, lahir di Samut Sakhon, Thailand pada 26 November 1987, adalah seorang wasit berpengalaman dengan lisensi FIFA sejak tahun 2013.

Dia telah memimpin berbagai pertandingan di level internasional, termasuk Kualifikasi Piala Dunia, Piala Asia, AFC Cup, Liga Champions Asia, SEA Games, dan Piala AFF.

Kontroversi di Piala Asia U-23 2024

Sivakorn Pu-Udom menjadi sorotan di Piala Asia U-23 2024 karena beberapa keputusannya yang dianggap kontroversial, terutama saat memimpin pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Qatar di laga pembuka. Berikut beberapa momen krusialnya:

1. Mengesahkan gol Mohammad Al-Manai dari Qatar di menit ke-90+14 pada pertandingan melawan Yordania, meskipun waktu tambahan hanya 10 menit.

2. Memberikan kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner dari Timnas Indonesia pada pertandingan melawan Qatar, yang berujung pada kartu merah.

3. Menolak penalti untuk Timnas Indonesia U-23 pada pertandingan melawan Qatar.

Keputusan-keputusan tersebut memicu kemarahan suporter Timnas Indonesia yang menilai Sivakorn memihak Qatar. Hal ini dikarenakan Qatar merupakan tuan rumah turnamen dan memiliki pengaruh besar dalam penyelenggaraannya.

Kekhawatiran Suporter Timnas Indonesia

Kembalinya Sivakorn Pu-Udom untuk memimpin pertandingan semifinal melawan Uzbekistan memicu kekhawatiran di kalangan suporter Timnas Indonesia. Mereka takut Sivakorn akan kembali membuat keputusan yang merugikan Timnas Indonesia.

Kekhawatiran ini diperkuat dengan performa Timnas Indonesia U-23 yang kurang meyakinkan di babak penyisihan grup. Tim Garuda Muda hanya lolos ke semifinal dengan status runner-up grup setelah kalah di pertandingan terakhir melawan Australia.

Dukungan untuk Timnas Indonesia U-23

Terlepas dari kontroversi yang menyelimuti Sivakorn Pu-Udom, suporter Timnas Indonesia tetap memberikan dukungan penuh kepada para pemain Garuda Muda. Mereka berharap Timnas Indonesia U-23 dapat tampil maksimal dan meraih hasil terbaik di pertandingan semifinal.

Pertandingan semifinal antara Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan akan digelar pada Senin (29/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Kick-off pertandingan akan dimulai pada pukul 21.00 WIB.

Mari kita dukung Timnas Indonesia U-23 untuk meraih kemenangan dan melaju ke final Piala Asia U-23 2024!

Topik Menarik