Pemkot Banjar Upayakan Bendungan Leuwikeris Bermanfaat untuk Sawah Tadah Hujan

Pemkot Banjar Upayakan Bendungan Leuwikeris Bermanfaat untuk Sawah Tadah Hujan

Terkini | ciamisraya.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 13:50
share

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Pemerintah Kota Banjar akan mengupayakan air dari Bendungan Leuwikeris bisa bermanfaat bagi area persawahan tadah hujan di Desa Cibeureum dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Banjar, Soni Horison setelah melakukan kunjungan ke Bendungan Leuwikeris bersama Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati pada (24/6) lalu.

Soni mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, Bendungan Leuwikeris ini akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Agustus 2024 mendatang.

Saat mengunjungi Bendungan Leuwikeris, Soni pun mengatakan pihaknya membahas terkait pemanfaatan air Situ Leutik untuk mengairi persawahan sekitar wilayahnya.

"Sudah kami bahas, itu harus dibuatkan saluran khusus dulu. Saat ini Leuwikeris masih dalam persiapan dan pengisian air," katanya, Selasa (2/7/2024).

Saluran khusus yang dimaksud dikatakan Soni yaitu berupa pipa untuk difungsikan mengalirkan air dari Leuwikeris kemudian ditampung di Situ Leutik.

"Kalau terealisasi ini akan mengairi persawahan untuk wilayah Banjar barat. Kalau Banjar timur kan sudah dari saluran irigasi BBWS Citanduy," ucapnya.

 

Deputi, keberadaan bendungan Leuwikeris dapat membawa dampak positif untuk masyarakat di Kota Banjar, terlebih bagi para petani dari yang semula panennya hanya satu kali panen, nanti bisa menjadi dua kali panen atau bahkan tiga kali panen karena kebutuhan airnya terpenuhi.

“Kemarin sudah lakukan pengukuran evaluasi, jadi untuk mengaliri air dari bendungan Leuwikeris, dipasang pipa dengan daya kurang lebih 100 liter per detik,” kata Soni.

Topik Menarik