Mengenal Tepung Maizena dan Manfaatnya pada Makanan

Mengenal Tepung Maizena dan Manfaatnya pada Makanan

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 14 Mei 2023 - 07:13
share

Tepung maizena merupakan salah satu jenis tepung yang banyak digunakan pada masakan. Bukan hanya sebagai bahan baku utama dalam pembuatan kue saja, namun tepung yang satu ini bahkan sering digunakan sebagai bahan tambahan pada beragam masakan lainnya.

Harga tepung maizena juga terbilang mahal, jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya di pasaran. Pada dasarnya, tidak sedikit orang yang kerap bingung tepung maizena sama dengan tepung apa dan bagaimana sebenarnya penggunaan tepung ini pada makanan.

Apa itu Tepung Maizena?

tepung maizena

Tepung maizena adalah salah satu jenis tepung yang cukup populer dan banyak digunakan, sebagaimana layaknya tepung terigu maupun tapioka. Tepung maizena terbuat dari dari pati jagung, sehingga wajar saja jika tepung maizena harga terbilang cukup tinggi di pasaran.

Pada dasarnya, masing-masing tepung memiliki manfaat dan juga kandungan yang berbeda-beda, termasuk tepung maizena. Di dalam pembuatan makanan, sangat penting untuk memahami dengan baik kedua hal tersebut, agar makanan yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan enak untuk disantap.

Tepung maizena terbuat dari pati jagung, sehingga tepung ini juga sering disebut tepung jagung. Jika dibandingkan dengan tepung terigu yang kerap dijadikan sebagai bahan utama makanan, maka tepung maizena memang terbilang jarang dipakai sebagai bahan utama pembuatan makanan/ kue-kue.

Sifat tepung maizena adalah sebagai pengental, itulah mengapa tepung yang satu ini kerap dijadikan sebagai pengental pada masakan, seperti capcay, sup, dan yang lainnya. Sebagian orang juga kerap menggunakan tepung tapioka untuk mengentalkan berbagai masalah tersebut.

Penambahan tepung maizena pada berbagai masakan tersebut akan membuat tekstur makanan menjadi lebih kental. Hal ini tentu akan membuat berbagai masakan tersebut memiliki penampilan yang lebih menarik, sehingga bisa membuat orang lebih tertarik untuk mencicipinya.

Selain itu, tepung maizena juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu, di mana campuran atau adonan keduanya akan digunakan sebagai pelapis pada makanan yang akan digoreng. Tepung maizena ini akan membuat tekstur makanan yang digoreng menjadi lebih renyah dan keras.

Perbedaan Tepung Maizena, Terigu, dan Tapioka

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara tepung maizena, terigu, dan juga tapioka:

Keterangan Tepung Maizena Tepung Terigu Tepung tapioka
Bahan baku Jagung Gandum Ketela
Fungsi Jarang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan. Namun jika digunakan sebagai bahan tambahan, maka akan membuat makanan menjadi lebih kental dan sekaligus renyah. Biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan, baik itu kue-kue maupun jenis makanan lainnya, seperti pasta dan juga mie. Sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan makanan. Namun selain itu, tepung ini juga sering digunakan sebagai pengental masakan atau bahkan bahan tambahan yang membuat gorengan menjadi lebih renyah.
Tekstur Terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Jika ditambahkan pada masakan akan membuat masakan menjadi lebih kental Tidak selembut tepung tapioka maupun maizena. Jika digunakan sebagai bahan makanan, maka tekstur yang dihasilkan akan sesuai dengan jenis makanan itu sendiri. Terasa lembut dan halus. Jika digunakan menjadi bahan utama maupun bahan tambahan dalam pembuatan makanan, akan menghasilkan tekstur kenyal.
Warna Putih bersih Putih keruh dan sedikit kekuningan Putih bersih
Hasil olahan Biasanya digunakan untuk membuat kukis maupun tambahan untuk membuat kue kering lainnya. Sering digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan, termasuk kue, dan juga aneka mie. Biasanya digunakan untuk membuat berbagai makanan/ kue khas Indonesia.

Jika masih bingung tepung maizena sama dengan tepung apa, maka tabel di atas tentu sudah cukup menjelaskan hal tersebut dengan baik. Pada dasarnya, tepung maizena adalah tepung yang berbeda dengan jenis tepung lainnya, termasuk tepung terigu dan juga tapioka.

Penggunaan tepung yang satu ini juga biasanya lebih banyak untuk pembuatan kukis atau makanan kering lainnya, sebab tepung maizena bisa membuat makanan menjadi lebih renyah. Lalu, berapa sebenarnya tepung maizena harga di pasaran?

Harga Tepung Maizena

Sebagian orang kerap menanyakan tepung maizena sama dengan tepung apa dan bagaimana penggunaannya. Di dalam penggunaannya, tepung yang satu ini memang kerap digunakan sebagai pengental masakan. Hal tersebut justru sering membuat orang berpikir bahwa tepung maizena sama dengan tepung tapioka.

Tepung maizena terbuat dari pati jagung dan tepung ini tentu berbeda dengan jenis tepung lainnya, termasuk tepung tapioka. Tepung maizena harga juga lebih mahal, jika dibandingkan dengan tepung tapioka dan juga terigu.

Mungkin harga tepung maizena yang mahal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa tepung ini tidak banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan. Tepung maizena harga yang cenderung mahal seperti ini tentu bukan hal yang positif bagi mereka yang menjalankan bisnis kue/ makanan.

Di pasaran, harga tepung maizena dijual lebih tinggi dari tepung terigu dan tepung lainnya. Rata-rata tepung maizena ini dijual di kisaran harga Rp 17-20 ribuan per kilonya, tergantung merek dan juga kualitasnya.

Resep Makanan yang Menggunakan Tepung Maizena

Seringkali orang kebingungan tepung maizena sama dengan tepung apa, sebagian bahkan menganggap nya sama dengan tepung tapioka. Tepung maizena adalah tepung yang juga bisa digunakan untuk membuat berbagai makanan. Tepung maizena terbuat dari pati jagung, sehingga bisa menghasilkan makanan yang lezat.

Jika sudah membuat makanan dari tepung yang satu ini, maka tidak akan bingung lagi tepung maizena sama dengan tepung apa. Tepung maizena harga memang cenderung lebih mahal, namun harga tersebut tentu akan sepadan dengan rasa makanan lezat yang bisa dihasilkannya.

Berikut ini adalah beberapa resep makanan yang menggunakan tepung maizena sebagai bahan bakunya:

1. Bolu Kukus Maizena

bolu kukus

Tepung maizena adalah salah satu jenis tepung yang kerap diolah menjadi bolu kukus. Kue yang manis lezat ini akan mudah dibuat, bahkan bisa selesai dalam waktu yang singkat saja. Di waktu senggang, tidak ada salahnya membuat kue bolu ini sebagai camilan di rumah.

Bahan-bahannya:

Cara Membuatnya:

2. Kukis Renyah Maizena

Cookies Renyah

Tepung maizena terbuat dari pati jagung, sehingga tepung yang satu ini juga bisa menghasilkan kukis yang enak. Teksturnya yang ringan akan membuat kukis lebih renyah dan lembut, sehingga cocok dijadikan sebagai cemilan santai.

Bahan-bahannya:

Cara membuatnya:

Kenali dan Gunakan Tepung Maizena dengan Tepat

Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari pati jagung. Selain sebagai pengental masakan, tepung ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis kue. Harga tepung maizena memang terbilang tinggi, namun ini akan sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkan dari tepung yang satu ini.

Topik Menarik