Lahan Sitaan Mau Dimanfaatkan Prabowo untuk Bangun 3 Juta Rumah, di Mana Lokasinya?

Lahan Sitaan Mau Dimanfaatkan Prabowo untuk Bangun 3 Juta Rumah, di Mana Lokasinya?

Berita Utama | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:27
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto berencana membangun 3 juta rumah dalam program kerjanya. Nantinya, pembangunan itu akan dilakukan di atas lahan sitaan negara.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana pada dasarnya pihaknya masih mempersiapkan program pembangunan tersebut. Namun, ia sudah mengevaluasi, terkait tata ruang dan lokasinya untuk 1 juta rumah di perkotaan.

“Kita sedang melakukan evaluasi terhadap semua, kita udah koordinasi awal dengan Satgas Perumahan terkait 1 juta rumah yang ada di perkotaan,” ucapnya di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (24/10/2024).

“Kita sedang inventarisasi semua tata ruang, di mana saja kawasan-kawasan yang bisa pembangun perumahan,” tutur dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang mengecek beberapa status tanah yang dimiliki negara untuk melancarkan program pembangunan. Ia pun tak menampik tanah sitaan BLBI juga termasuk.

“Iya semua aset-aset pemerintah yang ideal, yang boleh dimanfaatkan, mungkin nanti kan kita manfaatkan untuk pembangunan rumah,” kata dia.

Suyus menjelaskan untuk pembangunan rumah di perkotaan nantinya akan didesain dengan layaknya apartement atau bangunan tinggi.

“Tapu kalau di perkotaan lebih cenderung untuk high-rise building ya, apartemen di perkotaan,” tutur dia.

Meski begitu, ia masih belum mau mendetailkan lokasi pembangunan rumah di perkotaan dan masih akan melakukan pengecekan.

“Lagi kita inventarisasi. Nanti, kita akan mulai di perkotaan di Jakarta, nanti kita akan lihat beberapa aset-aset yang sedang inventarisasi, jadi kita akan cek dulu,” kata Suyus.

Topik Menarik