Presiden Prabowo akan Punya 6 Penasihat Khusus, Ada Luhut hingga Terawan

Presiden Prabowo akan Punya 6 Penasihat Khusus, Ada Luhut hingga Terawan

Berita Utama | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 09:34
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto akan mempunyai enam penasihat khusus. Para penasihat khusus itu akan mengurusi haji, pertahanan nasional, kesehatan hingga investasi.

Pelantikan Penasihat Khusus Presiden ini akan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Utusan Khusus Presiden pukul 10.30 WIB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024).'

Informasi yang diperoleh, Penasihat Khusus Presiden urusan Haji akan diemban oleh mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Selain itu, nama lain yang muncul adalah Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya telah dilantik oleh Prabowo menjadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional. Luhut akan mengemban tugas sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Investasi.

Kemudian, Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD dipercaya Prabowo Subianto sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Pertahanan Nasional. Selanjutnya, ada Penasihat Khusus Presiden urusan Kesehatan Nasional yang akan diemban mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Berikut 6 Penasihat Khusus Presiden yang bakal dilantik:

1. Penasihat Khusus Presiden urusan Haji: Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

2. Penasihat Khusus Presiden urusan Energi: Prof.Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D.

3. Penasihat Khusus Presiden urusan Ekonomi: Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D.

4. Penasihat Khusus Presiden urusan Pertahanan Nasional: Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

5. Penasihat Khusus Presiden urusan Kesehatan Nasional: Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)

6. Penasihat Khusus Presiden urusan Investasi: Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan

Topik Menarik