Curangi Timnas Indonesia, Federasi Sepak Bola Oman Bela Wasit Ahmed Al Kaf

Curangi Timnas Indonesia, Federasi Sepak Bola Oman Bela Wasit Ahmed Al Kaf

Berita Utama | kutai.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 22:58
share

RIFFA, iNewsKutai.id - Federasi Sepak Bola Oman (FA Oman) tidak tinggal diam menyusul hujatan terhadap wasit Ahmed Al Kaf. Dalam pernyataannya, FA Oman membela wasit berkepala plontos itu. 

Al Kaf menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia setelah menggagalkan kemenangan tim Merah Putih atas Bahrain. Al Kaf tidak meniup peluit panjang meski tambahan waktu pertandingan 6 menit sudah berakhir.

Alhasil, Bahrain mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 90+9. Gol itu mengubur asa Indonesia membawa pulang tiga poin lantaran tidak lama setelahnya Al Kaf meniup peluit panjang.

Spontan, wasit Al Kaf menjadi sasaran kemarahan suporter Indonesia. Akun media sosial Al Kaf bahkan hilang dalam sekejap diserang warganet. Tidak cukup sampai di situ, dia juga mendapat ancaman pembunuhan hingga santet dari oknum suporter.

"Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk keras serangan yang tidak beralasan dan penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi terhadap wasit internasional Oman Ahmed Al-Kaf dan asistennya setelah pertandingan antara tim nasional Bahrain dan mitranya dari Indonesia di kualifikasi Asia untuk Piala Dunia," tulis FA Oman dalam pernyataannya dikutip Senin (14/10/2024).

FA Oman menyatakan perilaku suporter Indonesia tidak sesuai konteks dan memperingatkan konsekuensinya. 

"Kami komitmen staf Oman sepanjang sejarah mereka yang terhormat terhadap tingkat profesionalisme tertinggi dan menerapkan tingkat transparansi, integritas, dan imparsialitas tertinggi sesuai dengan standar internasional. Inilah yang membuat mereka memenuhi syarat untuk menjadi wasit elit Asia," lanjut FA Oman.

 

Mereka juga meminta FIFA dan AFC untuk bertindak tegas karena Al Kaf batal bertugas memimpin partai Liga Champions Asia dengan alasan keamanan.

"FA Oman menyerukan kepada FIFA dan AFC untuk memikul tanggung jawab mereka sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku untuk melindungi para wasit dan memastikan keamanan dan keselamatan mereka," tulis FA Oman.

"Kami mengonfirmasi akan terus bergerak maju dalam koordinasi dengan otoritas terkait untuk mencapai tujuan yang sama. Asosiasi Sepak Bola Oman sekali lagi berjanji untuk melanjutkan dukungannya terhadap tim wasit Oman yang dipimpin oleh wasit internasional Ahmed Al-Kaf, yakin akan kompetensi mereka, memuji level mereka, dan berharap untuk meraih kesuksesan dalam karier kontinental dan internasional mereka," tutup FA Oman.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik