Viral, Foto Mesra Kadispar Nias Barat dengan Bupati, Begini Nasib sang Kadispar Cantik!

Viral, Foto Mesra Kadispar Nias Barat dengan Bupati, Begini Nasib sang Kadispar Cantik!

Berita Utama | medan.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:10
share

NIAS BARAT, iNewsMedan.id - April Imelda Juita Hia telah dibebastugaskan dari posisinya sebagai Kepala Dinas Pariwisata Nias Barat, Sumatra Utara.

Penonaktifan ini diduga berkaitan dengan viralnya video dan foto yang menunjukkan kedekatan mirip dirinya dengan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, yang sedang dalam cuti, yang beredar di media sosial.

Plt Bupati Nias Barat, Era Era Hia, menjelaskan bahwa Imelda Hia dibebastugaskan mulai Rabu (9/10/2024). Langkah ini diambil untuk tidak mengganggu upaya tim yang dibentuk untuk memverifikasi keaslian foto tersebut.

Saat dimintai klarifikasi, Kadis Pariwisata itu tidak memberikan jawaban yang jelas. Imelda justru meminta agar keaslian foto tersebut diuji oleh ahli forensik/telematika.


Kepala Dinas Pariwisata Nias Barat, Sumatra Utara, April Imelda Juita Hia. Foto: Ist
 

"Dia (Kadis) tidak tegas menjawab ya atau tidak. Saya juga sudah membentuk tim pemeriksa dan telah menghubungi Pak Roy Suryo (ahli telematika) untuk mengecek kebenaran foto," kata Era, Rabu (9/10/2024).

 

Hasil pengecekan diharapkan akan diperoleh dalam waktu maksimal dua minggu. Agar proses pemeriksaan tidak terganggu, Kadis Pariwisata Imelda dibebastugaskan dan akan ditunjuk pelaksana harian (Plh).

"Sudah berkomunikasi dengan Roy Suryo. Paling lama dua minggu kita akan mendapatkan hasil dari tim pemeriksa," ujarnya.

Ia menegaskan, jika foto tersebut terbukti asli dan Imelda Hia sebagai PNS dengan jabatan Kadis Pariwisata, akan dikenakan sanksi sesuai dengan PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Sebelumnya, warganet dihebohkan oleh foto kemesraan yang diduga menunjukkan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bersama Kadis Pariwisata April Imelda Juita Hia.

Keduanya terlihat dalam pose yang tidak biasa untuk atasan dan bawahan yang bukan pasangan suami istri, yang menyebabkan ramai diperbincangkan di masyarakat dan media sosial.
 

Topik Menarik