6 Penyebab Bibir Berwarna Gelap, Waspada Masalah Kesehatan!

6 Penyebab Bibir Berwarna Gelap, Waspada Masalah Kesehatan!

Berita Utama | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 06:50
share

MEMILIKI bibir berwarna gelap tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Berubahnya warna bibir dapat disebabkan dari faktor luar maupun dalam tubuh. 

Biasanya bibir akan berubah menjadi hitam keunguan. Nah jika mengalami kejadian tersebut, Anda harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter. Nah, berikut beberapa penyebab bibir cenderung berwarna gelap, melansir dari berbagai sumber, Senin (7/10/2024).

1. Kurang minum

Kondisi kesehatan tubuh manusia dapat ditentukan dengan kadar air dalam tubuh. Beberapa tanda dan gejala dapat dilihat ketika tubuh kita kekurangan air, salah satunya pada bibir. Bibir yang kering menunjukkan bahwa kamu kekurangan cairan. Ketika dalam kondisi kering, bibir menjadi mudah pecah-pecah dan terluka. 

Jika berulang kali terjadi, perlahan dapat membuat bibirmu menjadi hitam. Maka dari itu penting memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu setiap hari dengan cukup minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari ya!

Penyebab bibir berwarna gelap. (Foto: Freepik)

2. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kehitaman pada bibirmu, seperti pil kontrasepsi, kemoterapi, anti-malaria, atau antibiotik tertentu. Zat metabolit dalam obat-obatan tersebut dapat menumpuk di lapisan kulit bibir yang akan meningkatkan produksi sel pigmen sehingga bibir menjadi berubah warna.

3. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari pada bibir merangsang melanin menyerap sinar UV untuk melindungi jaringan kulit. Semakin lama terpapar sinar matahari, akan meningkatkan pembentukan melanin. Melanin adalah sel pigmen yang memberikan warna pada kulit, termasuk bibir. Warna bibir yang menghitam disebabkan jumlah sel pigmen hitam pada bibir.

 

4. Kondisi kesehatan tubuh

Perubahan warna pada bibirmu dapat menunjukkan kondisi kesehatan tubuhmu juga loh. Beberapa penyakit sistemik dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir, salah satunya adalah kekurangan hormon-hormon dari kelenjar adrenal atau yang dikenal sebagai penyakit Addison. 

Penyakit ini terjadi jika kelenjar adrenal yang terdapat di bagian atas ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memproduksi cukup hormon. Beberapa tanda dan gejalanya yaitu timbul bercak hitam pada kulit dan bibir, gusi menghitam, tubuh sering merasa lemah dan lesu, hilangnya nafsu makan, berat badan menurun dan perubahan suasana hati. 

Munculnya bercak hitam pada kulit dan daerah mulut dikarenakan terjadi peningkatan sekresi Melanin-Secreting Hormone (MSH) pada penderita penyakit Addison.

5. Merokok

Selain berbahaya untuk kesehatan, merokok juga bisa mempengaruhi warna bibirmu. Zat nikotin dan benzyprene yang terkandung pada asap rokok dapat merangsang produksi melanin sehingga membuat bibir menjadi kehitaman.

6. Konsumsi alkohol

Beberapa penelitian menemukan bahwa hiperpigmentasi pada kaki, mata, dan mulut (termasuk bibir) sering ditemukan pada orang yang mengkonsumsi alkohol secara berlebih. Meskipun proses terjadinya hiperpigmentasi akibat alkohol belum jelas, namun biasanya dikaitkan akibat kerusakan pada organ hati.

Topik Menarik