Mantan Tokoh OPM Imbau Masyarakat Papua Ciptakan Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak

Mantan Tokoh OPM Imbau Masyarakat Papua Ciptakan Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak

Berita Utama | jayapura.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 07:20
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Mantan Panglima Tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Lambert Pekikir mengajak untuk menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat Papua bersama menjaga keamanan dan menjamin terciptanya kamtibmas untuk kelanjutan proses pelaksanaan Pilkada di seluruh kabupaten di Tanah Papua, terkhusus di wilayah Tabi – Saireri,” ujar Lambert dalam keterangan tertulis, Jumat (28/9/2024) malam.

Lambert juga meminta kepada kelompok yang masih berseberangan dengan Pemerintah Republik Indonesia agar tidak menciptakan kondisi keamanan yang tidak kondusif, baik menjelang maupun setelah Pilkada.

“Jangan kita terpecahbelah hanya karena ada kandidat yang tidak lolos dalam Pilkada. Kita harus mengutamakan dialog yang baik untuk menyelesaikan sebuah masalah,”ucapnya sembari menyampaikan dengan tegas menolak aktivitas separatis.

Lambert meminta masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI dengan menyukseskan Pilkada yang aman dan damai.

Ajakan yang sama juga disampaikan Majelis Rakyat Papua (MRP). Wakil Ketua II MRP, Max Abner Ferdinan Ohee menyampaikan bahwa siapapun yang bermukim di Papua berkewajiban menjaga kedamaian dan meminta untuk bersama mengawal proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.


Pimpinan MRP mengajak masyarakat wujudkan Pilkada damai. Foto : Istimewa

“Saat ini tahapan pemilihan sedang berjalan, mari sama-sama sukseskan Pilkada serentak yang aman dan damai agar kita mendapatkan pemimpin daerah sesuai yang diharapkan yakni membangun Papua lebih sejahtera,” ujar Max Ohee.

Ketua Pokja Adat MRP, Raymond May menyampaikan hal yang sama. Dia mengajak masyarakat mengawal proses pelaksanaan Pilkada sehingga pemimpin yang terpilih benar-benar mendapatkan dukungan dan aspirasi masyarakat.

“Mari kita mewujudkan dan menyukseskan Pilkada serentak yang aman dan damai. Kita akan memilih pemimpin baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota pada 27 November mendatang,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pansus Pilkada MRP, Izak Hikoyabi berharap penyelenggaraan Pilkada berjalan adil dan berkualitas.

Izak mengajak seluruh komponen masyarakat baik sebagai pemilihm penyelenggara, para kandidat dan partai politik untuk menjaga pemilu berjalan sesuai aturan.

“Pemilu yang damai melahirkan pemimpin dan penyelenggaraan yang berkualitas,” kata Izak.

Dia meminta kepada para kandidat ketika berkampanye menyampaikan pesan pembangunan dan mengajak masyarakat untuk tertib melaksanakan pemilu yang berkeadilan.

Harapan yang sama juga disampaikan untuk KPU dan Bawaslu. Izak mengatakan, penyelenggara pemilu dapat  menegakan keadilan lantaran suara rakyat merupakan  suara Tuhan yang harus dikawal dengan baik hingga terpilihnya pemimpin daerah secara defenitif.

Topik Menarik