China Temukan Harta Karun Super Langka di Daerah Termiskin, Cadangan hingga 5 Juta Ton!

China Temukan Harta Karun Super Langka di Daerah Termiskin, Cadangan hingga 5 Juta Ton!

Berita Utama | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 11:45
share

JAKARTA - China menemukan harta karun super langka di daerah termiskin, bahkan memiliki cadangan hingga 5 juta ton. Harta karun super langka dan bernilai tinggi ini adalah logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth elements (REE).

Penemuan harta karun ini di Provinsi Sichuan, China di tengah meningkatnya persaingan internasional, terutama dengan Amerika Serikat.

Logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth elements (REE) merupakan harta karun karena memiliki nilai tinggi dan bermanfaat bagi industri berteknologi tinggi. Logam tanah jarang memiliki banyak kegunaan seperti magnet untuk motor listrik, mobil hybrid, power steering elektrik, air conditioner, generator dan hard disk drive

Para ahli logam tanah jarang mengatakan pada simposium China Rare Earth Group bahwa 4,96 juta ton logam tanah jarang sangat penting untuk pengembangan teknologi, mulai dari kendaraan listrik hingga turbin angin, robot dan senjata militer telah ditemukan di prefektur otonom Liangshan Yi, yang merupakan salah satu wilayah termiskin di China.

Saat ini China adalah produsen logam tanah jarang terbesar di dunia, yang mencakup 17 oksida logam, dengan 44 juta ton endapan, menurut Survei Geologi AS.

"Menghadapi situasi baru persaingan internasional, grup ini akan tetap mengutamakan kepentingan negara, untuk memberikan kontribusi baru yang signifikan dalam menjaga keamanan sumber daya tanah jarang Tiongkok," kata China Rare Earth Group yang merupakan badan usaha milik negara dilansir SCMP, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Dominasi tanah jarang di China semakin meningkatkan kekhawatiran geopolitik di tengah meningkatnya persaingan teknologi antara China dan AS. Industri tanah jarang di China juga harus berkembang ke sektor hilir, meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya, dan meningkatkan keunggulan teknologi perusahaan

"Ekonomi terbesar kedua di dunia ini telah membatasi pasokan dan ekspor unsur tanah jarang, yang awal tahun ini diidentifikasi oleh Kementerian Keamanan Negara sebagai sumber daya mineral strategis yang terkait langsung dengan keamanan nasional," kata ekonom Pan Helin.

Pan Helin, seorang ekonom dan penasihat Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, mengatakan penemuan di Sichuan akan meningkatkan keunggulan sumber daya China di pasar tanah jarang global.

“Meskipun mengonsolidasikan keunggulan sumber daya sangat penting, industri tanah jarang China juga harus berekspansi ke sektor hilir, meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya, dan meningkatkan keunggulan teknologi perusahaan,” kata Pan.

 

 
Topik Menarik