Kapan KIP Kuliah 2024 Semester 5 Cair? Ini Jadwal Lengkapnya

Kapan KIP Kuliah 2024 Semester 5 Cair? Ini Jadwal Lengkapnya

Berita Utama | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 15:00
share

JAKARTA - Kapan KIP Kuliah 2024 semester 5 cair? Ini jadwal lengkapnya. Berdasarkan Surat Edaran yang diterbitkan Kemendikbud Ristek, pencairan KIP Kuliah 2024 untuk mahasiswa semester 5 kemungkinan besar akan mulai dilakukan setelah 17 September 2024.

Hal ini sesuai dengan batas waktu unggah dokumen pencairan KIP Kuliah untuk Semester Ganjil 2024/2025.

Para mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang aktif dalam perkuliahan dan merupakan penerima bantuan KIP Kuliah tahun akademik 2023/2024 telah menantikan kapan waktu pencairan dana KIP Kuliah.

Program KIP Kuliah merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk mendukung siswa lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik, namun mengalami keterbatasan ekonomi.

Program ini memberikan bantuan pembiayaan perkuliahan yang sangat diperlukan. KIP Kuliah telah memberikan manfaat besar bagi para mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Melalui program KIP Kuliah, mahasiswa menerima bantuan dari pemerintah berupa biaya pendidikan, termasuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta uang saku bulanan untuk kebutuhan hidup.

Besaran bantuan untuk UKT disesuaikan dengan tingkat akreditasi program studi (prodi) yang dipilih oleh mahasiswa.

Tujuan dari program KIP adalah untuk membantu memfasilitasi akses pendidikan tinggi bagi siswa yang memiliki prestasi akademik, namun mengalami kesulitan finansial. Program ini memberikan bantuan keuangan yang signifikan untuk mendukung kelancaran studi mereka.

Jika mengacu pada alur waktu pencairan pada tahun sebelumnya, maka proses pencarian KIP Kuliah akan dimulai bulan ini.

Biasanya, proses pencairan dana KIP Kuliah dimulai paling lambat 30 hari setelah PTN atau PTS membuat usulan daftar penerima bantuan.

Cara cek penerima KIP kuliah September 2024

1. Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

2. Klik Login Siswa di pojok kanan atas halaman

3. Login ke akun masing-masing menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses

4. Klik menu Cek Status

5. Halaman akan menampilkan status penerima KIP Kuliah Merdeka

Topik Menarik