Kerja Sama dengan Lido Lake Resort Kelola Sampah Organik, Pengelola Maggot: 300-400 Kilogram Setiap 2 Hari 

Kerja Sama dengan Lido Lake Resort Kelola Sampah Organik, Pengelola Maggot: 300-400 Kilogram Setiap 2 Hari 

Berita Utama | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 16:44
share

JAKARTA - Lido Lake Resort by MNC Hotel dan MNC Peduli bekerjasama dengan PT Recycle Maggot Indonesia dalam mengelola sampah organik. Kerja sama itu bahkan bisa mengelola sampah hingga 400 kilogram setiap dua hari sekali.

Hal itu diungkapkan oleh Anwar Riyadi, Pengelola Maggot. Anwar menjelaskan pengelolaan sampah ini berdampak pada penurunan suplai sampah yang dikirimkan ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Sampah yang kami ambil (dari Lido) itu 300-400 kilogram setiap dua hari sekali. Jadi setiap bulannya 3-4 ton," kata Anwar, Kamis, 12 September 2024.

Anwar menambahkan 300 kilogram sampah itu bisa diolah menjadi 60 kilogram maggot. Maggot itu lantas bisa dijadikan alternatif pengganti pakan ternak yang harganya kian melambung.

"Saya sudah kerja sama hotel selama sembilan bulan bersama hotel, pakan ternak ini memang pengurai sampah organik yang jelas-jelas membantu kita sebagai peternak," ungkap dia.

Kegiatan ini menurutnya memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak sekaligus menjalankan program pemerintah terkait pengelolaan sampah. Anwar juga berharap kegiatan ini tidak selesai sampai di sini.

"Harapan kami ini bisa menjadi contoh bagi pembudidaya maggot berada. Karena ini win-win solution, simbiosis mutualisme," tegas dia.

 

Dalam kesempatan yang sama, Marcom Manager Lido Lake Resort memastikan program menggandeng pihak ketiga dalam mengelola sampah organik ini akan terus dijalankan. Ia berharap program ini dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Ke depan harapannya kita bisa jalankan terus menerus, kemudian bisa memberikan manfaat sebanyak mungkin dan tentu kita bisa mengurangi suplai sampah kita ke TPA," tuturnya.

Topik Menarik