Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Wapres : Bangun Persaudaraan dan Persahabatan Dunia

Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Wapres : Bangun Persaudaraan dan Persahabatan Dunia

Berita Utama | inews | Rabu, 4 September 2024 - 05:05
share

JAKARTA, iNews.id – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus memulai kunjungan bersejarahnya di Indonesia. Paus Fransiskus akan menghabiskan empat hari ke depan di Indonesia. 

Selama kunjungan ini, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tokoh-tokoh lintas agama, serta memimpin Misa Agung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus. Dia menegaskan kunjungan ini merupakan bagian dari upaya global untuk membangun persaudaraan dan persahabatan antarbangsa tanpa memandang agama. 

"Hari ini Paus juga datang. Karena itu, kita sambut baik dan ini akan membangun persaudaraan dan persahabatan seluruh bangsa di dunia apa pun agamanya,” ujar Ma’ruf Amin, Selasa (3/9/2024).

Wapres menekankan kunjungan Paus Fransiskus ini merupakan langkah penting dalam memperkuat gerakan persaudaraan dunia, terutama dalam upaya mengakhiri konflik dan peperangan yang masih terjadi di berbagai belahan dunia. 

"Apa pun bangsanya sehingga kita (bisa) untuk menghentikan peperangan-peperangan yang ada di mana-mana ini,” tuturnya.

Kunjungan Paus Fransiskus juga dianggap sejalan dengan inisiatif persaudaraan dunia yang sebelumnya diinisiasi di Abu Dhabi melalui penandatanganan Dokumen Kemanusiaan dan Persaudaraan, yang ditandatangani oleh Grand Syekh Al Azhar dan Paus Fransiskus. 

Ma’ruf Amin menambahkan bahwa inisiatif ini telah memberikan penghargaan kepada dua organisasi keagamaan besar Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, atas kontribusi mereka dalam mempromosikan perdamaian dan persaudaraan.

“Memang bagian daripada gerakan persaudaraan sedunia yang kemarin pernah dicetuskan,” kata Wapres. 

Ma’ruf Amin berharap kunjungan Paus Fransiskus ini dapat semakin mempererat hubungan antarumat beragama, baik di Indonesia maupun di dunia internasional, serta menciptakan perdamaian global. 

"Kita ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan bangsa Indonesia menyambut dengan penuh kegembiraan dan persahabatan," katanya.

Topik Menarik