Penjara Rusuh, 129 Napi Tewas saat Berusaha Kabur

Penjara Rusuh, 129 Napi Tewas saat Berusaha Kabur

Berita Utama | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 16:15
share

KONGO Pemerintah Republik Demokratik (RD) Kongo mengatakan sedikitnya 129 narapidana atau napi tewas saat mencoba melarikan diri dari penjara pusat Makala di ibu kota Kinshasa pada Minggu (1/9/2024) malam. Pejabat perintah menegaskan situasi kini sudah terkendali.

Dalam pernyataan yang diunggah di X pada Selasa (3/9/2024) pagi, Menteri Dalam Negeri Shabani Lukoo mengatakan kebakaran juga terjadi di gedung administrasi penjara, depot makanan, dan sebuah rumah sakit. Sekitar 59 orang terluka.

"Upaya melarikan diri massal di penjara pusat Makala mengakibatkan hilangnya nyawa dan kerusakan material yang signifikan," katanya dalam pernyataan video tersebut.

Sebelumnya, seorang pejabat penjara mengatakan tidak ada tahanan yang berhasil melarikan diri, seraya menambahkan bahwa mereka yang mencoba melarikan diri telah tewas. Pemerintah sedang menyelidiki insiden tersebut.

Upaya melarikan diri itu terjadi sekitar pukul 02.00 (01.00 GMT) pada Minggu (1/9/2024). Para tahanan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mendengar suara tembakan keras, serta suara-suara tahanan di luar

Topik Menarik