5 Tips Pintar Memanfaatkan Bekas Kantong Teh Celup di Rumah

5 Tips Pintar Memanfaatkan Bekas Kantong Teh Celup di Rumah

Berita Utama | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 15:35
share

USAI menyeduh teh, banyak orang biasanya langsung membuang kantung tehnya. Padahal, kantung teh ini, walau sudah selesai digunakan, tetap bisa dimanfaatkan loh.

Makanya, stop langsung membuang bekas kantung teh termasuk teh hijau yang biasanya dikonsumsi banyak orang di pagi hari. Bekas kantung teh hijau ini  bisa  dimanfaatkan maksimal untuk hal-hal lainnya loh, digunakan kembali untuk di dapur dan sekitarnya.

Bungkus kantung teh ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan, memiliki nutrisi dan khasiat yang menjadikannya alternatif yang sangat baik.  Berikut 5 tips pintar memanfaatkan kantung teh hijau bekas di rumah dan sekitarnya, seperti dilansir dari NDTV Food Selasa (3/9/2024)

1. Pembangkit tenaga bagi tanaman: Jika air dan pupuk kandang tidak cukup untuk diberikan ke tanaman, maka cara alternatifnya yaitu dengan kantong teh hijau bekas. Ini bisa membantu untuk memberikan tanaman sebagai pengganti air dan pupuk.

 

Cukup potong kantong teh hijau dan taburkan daunnya langsung di kebun atau tambahkan ke tumpukan kompos. Daun-daun ini membantu menjaga kelembapan, memperbaiki struktur tanah, dan menyediakan sedikit nitrogen yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

 

2. Usir bau kulkas dan sepatu: Jika kulkas dan sepatu memiliki bau yang tidak sedap, maka bisa menggunakan sisa kantong teh hijau untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan. Jemur kantong teh hijau tersebut hingga kering setelah itu letakan di kulkas atau sepatu. Teh hijau efektif menyerap bau yang tidak sedap dan dapat membuat segala sesuatu menjadi lebih segar dan harum.

 

3. Skincare alami: Cara menggunakannya adalah dengan mendinginkan bekas kantong teh bekas di lemari es,  lalu menempelkannya di mata dan wajah, memberikan sensasi segar saat digunakan. Kantung teh hijau kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bengkak di wajah dan dapat mencerahkan kulit.

4. Bahan pembersih alami: Ganti pembersih kimia dengan sisa kantong teh hijau bekas  yang dapat membuat rumah bersih dan berkilau secara alami. Dengan cara menggunakan 6 sampai 7 kantong teh hijau bekas,  lalu rendam kembali dalam air panas. Setelah daun teh mengeluarkan aroma, biarkan airnya mendingin. Dengan air teh yang sudah mendingin dapat digunakan untuk membersihkan furnitur kayu, kaca, atau bahkan cermin.

Tanin dalam teh hijau dapat membantu menghapus kotoran dan debu, serta membuat peralatan rumah tangga terlihat bersih dan berkilau. Selain itu rumah terasa wangi dan segar.

5. Meredakan iritasi di kulit: Jika terkena sunburn atau gigitan serangga, selamatkan kulit dengan kantung teh hijau bekas ini, karena ada sifat anti-inflamasinya, kantong teh hijau bekas ini bisa membantu meredakaniritasi kulit ringan. Caranya,  simpan bekas kantung teh tersebut di dalam lemari es. Setelah itu, ambil kantong teh yang sudah dingin lalu di tekan dengan lembut pada area kulit yang sedang iritasi.

 

Topik Menarik