Deretan Kota Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Eropa

Deretan Kota Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Eropa

Berita Utama | inews | Senin, 2 September 2024 - 06:05
share

JAKARTA, iNews.id - Swiss dikenal dengan banyak hal, di antaranya pemandangan Gunung Alpen yang indah, tradisi pembuatan jam yang tinggi, cokelat, serta perpaduan budaya dan bahasa yang unik. Namun, negara di Benua Eropa ini juga terkenal dengan biaya hidup yang tinggi.

Mengutip Travel and Leisure , menurut laporan berbasis data daring Numbeo , Jenewa merupakan kota termahal di dunia. Hal ini mempertimbangkan biaya bahan makanan, makan di luar, sewa, dan biaya hidup secara keseluruhan untuk menentukan peringkat destinasi termahal di seluruh dunia.

Numbeo menggunakan Kota New York sebagai dasar dengan skor 100. Adapun, Jenewa mendapat skor 101,7, yang berarti kota ini 1,7 persen lebih mahal daripada Big Apple .

Namun, itu tidak berarti semua layanan di kota Swiss memiliki harga yang lebih tinggi. Bahkan, indeks sewa Jenewa di angka 59,6, atau 40 persen lebih rendah daripada Kota New York di Amerika Serikat (AS). Namun, harga bahan makanan 11,4 persen lebih mahal, dan harga restoran 1,5 persen lebih tinggi.

Pada 2021, harga konsumen Swiss 54 persen lebih tinggi daripada harga di Uni Eropa. Namun, pada tahun yang sama, warga Swiss dapat menabung sekitar 15 persen dari pendapatan tahunan mereka, atau sekitar 11.300 dolar AS, menurut data resmi.

Salah satu hal yang membuat Jenewa menjadi kota termahal adalah karena kota ini menjadi rumah bagi kantor pusat beberapa organisasi global, seperti kantor internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Eropa, dan Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN).

Namun, Jenewa juga berulang kali menempati peringkat sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk ditinggali. Pada awal tahun ini, kota tersebut berbagi tempat kelima dalam Indeks Kelayakan Hidup Global tahunan EIU yang bergengsi, dengan skor sempurna dalam kategori perawatan kesehatan dan pendidikan.

Kota Swiss lainnya, Zurich, menempati posisi kedua dalam peringkat biaya hidup termahal dengan skor keseluruhan 100,4. Seperti Jenewa, Zurich, yang dikenal sebagai pusat keuangan Swiss dan kota terpadat di negara itu, memiliki indeks sewa yang lebih rendah daripada Kota New York, atau 46,5 persen lebih rendah. Namun, bahan makanan dan makan di luar memiliki harga yang lebih tinggi.

Numbeo memperkirakan biaya hidup untuk keluarga beranggotakan empat orang di Zurich mencapai 6.184 dolar AS per bulan. Untuk satu orang, biaya bulanannya adalah 1.689 dolar AS tanpa sewa.

Sementara, Kota New York berada di peringkat ketiga, San Francisco keempat, dan Boston kelima dalam daftar kota termahal di dunia. Sebanyak tujuh dari 10 kota teratas berada di AS, dan tiga berada di Eropa.

Berikut deretan kota termahal di dunia menurut data Numbeo :

1. Jenewa, Swiss (indeks biaya hidup 101,7)
2. Zurich, Swiss (100,4)
3. New York, AS (100)
4. San Francisco, AS (90,5)
5. Boston, AS (85,8)
6. Reykjavik, Islandia (83,9)
7. Washington DC, AS (82,5)
8. Seattle, AS (81,5)
9. Los Angeles, AS (80,9)
10. Chicago, AS (80,2)

Topik Menarik