Rusia Klaim Rebut 3 Desa Lagi di Ukraina Timur

Rusia Klaim Rebut 3 Desa Lagi di Ukraina Timur

Berita Utama | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 01:15
share

MOSKOW, iNews.id - Militer Rusia pada Jumat (30/8/2024) kembali mengumumkan pasukannya berhasil merebut tiga desa lagi di Ukraina Timur. Sementara pada saat yang sama, pasukan Kiev terua melancarkan serangan lintas batas besar-besaran ke wilayah Rusia.

Dalam sebuah pengarahan yang dipublikasikan di Telegram, Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan, pasukannya telah merebut permukiman di wilayah Donetsk, Luhansk, dan Kharkiv di Ukraina.

Desa-desa yang direbut itu adalah Novozhelanne, yang terletak di antara Kota Donetsk dan Pokrovsk; Synkivka di wilayah Kharkiv, dan; desa kecil Kostyantynivka di Donetsk. Desa yang disebutkan terakhir memiliki nama yang sama dengan kota besar di wilayah tersebut yang berada di bawah kendali Ukraina.

Rusia mengklaim telah menguasai puluhan kota dan desa Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa di antaranya hanya terdiri dari beberapa jalan dan beberapa bangunan terbengkalai. Sementara pasukan Ukraina kalah dalam hal jumlah personel dan jumlah persenjataan di garis depan pertempuran yang luas di timur negara itu.

Moskow saat tampaknya terus memfokuskan gerakannya menuju Kota Pokrovsk, pusat logistik yang oleh Kiev disebut menjadi arena pertempuran yang intens dan sulit.

"Situasi tersulit masih ada di arah Pokrovsk. Musuh berusaha menerobos pertahanan pasukan kami," kata Panglima Angakatan Bersenjata Ukraina, Oleksandr Syrsky, hari ini, seperti dikutip AFP.

Dia juga mengatakan, pasukan Kiev terus maju ke wilayah Kursk di Rusia bagian barat. Di sana Ukraina mengklaim telah menguasai 100 kawasan permukiman perbatasan pada awal minggu ini.

Topik Menarik