KPK Periksa 7 Pejabat Pemkot, Dalami Pekerjaan Proyek di Kota Semarang

KPK Periksa 7 Pejabat Pemkot, Dalami Pekerjaan Proyek di Kota Semarang

Berita Utama | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 03:15
share

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh saksi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, pada Senin 26 Agustus 2024. Pemeriksaan dilakukan di Mapolrestabes Semarang. 

"Didalami terkait dengan Pekerjaan-Pekerjaan dan Proyek di Pemkot Semarang," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulisnya. 


Adapun, mereka yang diperiksa adalah, Kabid Perekonomian BAPPEDA Kota Semarang, M. Luthfi Eko Nugroho; Kabid SDA dan Drainase Dinas PU Kota Semarang, M. Hisam Ashari; dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Semarang, Endah Emayanti. 


Kemudian, Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Semarang, Aji Nur Setiawan; dan PNS, Rimajantu Sadmoko; serta CEO dan Sekretaris Daffam Group, Billy Dahlan dan Aghita Pralambang. 


Sejatinya, KPK juga menjadwalkan pemanggilan terhadap Kepala Bapenda Kota Semarang, Indiriyasari. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir dan meminta penjadwalan ulang besok. 

 


Terkait kasus tersebut, KPK telah menggeledah 65 lokasi, di antaranya kantor Wali Kota atau Gedung Balai Kota Semarang hingga rumah pribadi.


"Sejak 17-25 Juli 2024, penyidik telah melakukan penggeledahan pada 10 rumah pribadi, 46 kantor dinas atau OPD Pemkot Semarang-DPRD Jawa Tengah, tujuh kantor swasta, dan dua kantor pihak lainnya," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa 30 Juli 2024. 


Tessa menjelaskan, penggeledahan tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah Kota Semarang. Tapi juga menyasar beberapa daerah di sekitarnya, seperti Kudus dan Salatiga. 


Dari rangkaian penggeledahan tersebut, Tessa menyebutkan, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti yang dinilai ada kaitannya dengan proses penyidikan. Barang yang disita mulai dari dokumen hingga uang dalam bentuk rupiah dan euro.

Topik Menarik