Pertama Kali, Jepang Kerahkan Jet Tempur Cegat Pesawat Mata-Mata China Langgar Wilayah Udara

Pertama Kali, Jepang Kerahkan Jet Tempur Cegat Pesawat Mata-Mata China Langgar Wilayah Udara

Berita Utama | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 21:41
share

TOKYO, iNews.id - Jepang mengerahkan jet tempur untuk mencegat pesawat militer China yang melanggar wilayah udara, Senin (26/8/2024). 

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang menjelaskan, pesawat China melanggar wilayah udara teritorial di lepas pantai Kepulauan Danjo, Prefektur Nagasaki. Jet tempur dikerahkan untuk merepons keadaan darurat.

"Pesawat penghimpun (informasi) intelijen Y-9 China memasuki wilayah udara Jepang pada pukul 11.29 selama sekitar 2 menit," bunyi pernyataan Kemhan Jepang, dikutip dari AFP.

Sejauh ini belum ada komentar dari otoritas China.

Stasiun televisi NHK melaporkan, insiden tersebut merupakan yang pertama dilakukan pesawat militer China ke wilayah udara Jepang. Dalam insiden sebelumnya, pesawat-pesawat militer China tak sampai memasuki wilayah udara Jepang.

Kemhan Jepang telah melakukan beberapa langkah, seperti memberikan peringatan kepada pilot pesawat tersebut. Tak ada penggunaan senjata, termasuk suar, yang digunakan untuk memperingatkan pesawat mata-mata tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Masataka Okano telah memanggil Duta Besar China di Tokyo pada Senin malam. Dia menyampaikan protes keras serta menyerukan kepada dubes agar menghindari terulangnya insiden tersebut.

Sementara itu dubes China mengomentari, protes Jepang akan disampaikan ke Beijing. 

Sebelumnya kapal-kapal Jepang dan China terlibat ketegangan di perairan sengketa Kepulauan Senkaku, Laut China Timur. China menyebut wilayah itu dengan Diaoyu.

Topik Menarik