Biodata dan Agama Tristan Gooijer, Bek Ajax Amsterdam yang Masuk Daftar Calon Naturalisasi Timnas Indonesia 

Biodata dan Agama Tristan Gooijer, Bek Ajax Amsterdam yang Masuk Daftar Calon Naturalisasi Timnas Indonesia 

Berita Utama | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 04:00
share

JAKARTA, iNews.id - Biodata dan agama Tristan Gooijer menjadi perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Terlebih, bek Ajax Amsterdam yang tengah dipinjamkan ke PEC Zwolle ini diisukan segera dinaturalisasi PSSI. 

Kabar tersebut didapat dari wawancara Tristan dengan YouTuber Yussa Nugraha beberapa waktu lalu. "Iya ada kontak dari PSSI dan sudah bicara. Iya pembicaraan yang bagus," kata sang pemain ketika ditanya oleh Yussa Nugraha.

Ada tanggapan positif dari Tristan, tentu jadi angin segar bagi Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong. Sebab, ia bisa jadi pemain yang bisa jadi andalan di sisi kanan permainan skuad Garuda. 

Berita itu membuat publik penasaran dengan biodata dan agama Tristan Gooijer. Lantas, seperti apa sosoknya? Berikut iNews.id akan berikan informasinya. 

Biodata dan Agama Tristan Gooijer

Menurut transfermarkt, Sabtu (24/8/2024), Tristan Gooijer lahir di Blaricum, Belanda pada 2 September 2004. Pemain yang sebentar lagi genap berusia 20 tahun ini terbiasa main sebagai bek kanan. 

Diketahui jika Gooijer memiliki darah Belanda dan Indonesia. Darah Indonesia didapatkannya dari sang ibu yang berasal dari Maluku. 

Hingga artikel ini ditulis belum diketahui agama apa yang dianut oleh Tristan. Sebab, sang pemain tidak pernah mengunggah kegiatan agamanya di media sosial pribadinya. 

Tristan mengawali karier sepakbolanya dengan menimba ilmu di akademi FC Almere. Setelah itu, pemain berdarah Belanda-Maluku ini memilih pindah ke akademi Forza Almere dan menetap disitu hingga 2014. 

Sempat main di akademi Almere City selama dua tahun, barulah Tristan direkrut oleh Ajax Amsterdam pada musim 2016/2017. 

Namun, Tristan tidak langsung memperkuat tim senior de Godenzonen. Bek bertinggi 1,85 m itu lebih dulu main di tim kelompok umur U-17, U-18, dan U-21. 

Nampaknya Tristan harus menunggu semusim lagi untuk main di tim senior Ajax Amsterdam. Sebab, pemain yang bisa bermain di posisi bek tengah itu harus menjalani masa peminjaman selama semusim di klub PEC Zwolle. 

Nasib malang justru harus didapat Tristan di awal musim 2024/2025. Bek PEC Zwolle itu mengalami cedera lutut yang membuat harus menepi dari lapangan hijau hingga Januari 2025.

Cedera lutut itu sekaligus membuat Tristan harus absen memperkuat PEC Zwolle di 17 laga. Kabar tersebut juga disampaikan pihak klub melalui akun Instagram resmi mereka, @peczwolle. 

"Kabar buruk. Tristan Gooijer mengalami cedera lutut yang serius dan harus absen untuk sementara waktu," tulis akun @peczwolle.

Tristan mendapati cedera lutut parahnya itu saat pertandingan PEC Zwolle melawan FC Utrecht pada pekan pembuka Eredivisie Belanda, pada Minggu (11/8). 

Dimainkan sejak awal laga oleh Johnny Jansen, Tristan terpaksa tidak bisa melanjutkan pertandingan pada menit ke-26 karena cedera lutut. Alhasil, ia harus digantikan Nick Fichtinger. 

Selain jadi kabar buruk bagi PEC Zwolle, cedera itu tentu jadi pukulan telak bagi PSSI dan tentunya fans Timnas Indonesia. Jika jadi dinaturalisasi dalam waktu dekat ini, pemain bernomor punggung 47 di PEC Zwolle itu akan melewatkan beberapa laga internasional, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Demikian ulasan mengenai biodata dan agama Tristan Gooijer. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik