Sehari di Bumi Bakal Jadi 25 Jam, Begini Ceritanya

Sehari di Bumi Bakal Jadi 25 Jam, Begini Ceritanya

Berita Utama | jambi.inews.id | Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:20
share

JAKARTA, Jambi.iNews.id - Hari di Bumi akan bertambah panjang karena Bulan perlahan menjauh. Fenomena tersebut telah terungkap dari studi terbaru.

Ilmuwanmenemukan Bulan bergerak menjauh, mengubah dampak gravitasi pada Bumi, memperlambat rotasi planet dan membuat hari bertambah panjang. Para ilmuwan meramalkan hari di Bumi bisa menjadi 25 jam. Tapi, para ilmuwan mencatat akan memakan waktu sekitar 200 juta tahun untuk itu semua terjadi.

"Saat Bulan menjauh, Bumi bagikan seorang atlet sepatu roda yang berputar dan melambat ketika merentangkan tangannya," kata ahli geosains dan profesor di Universitas Wisconsin-Madison Stephen Meyers, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Selasa (20/8/2024).

Bulan terletak sekitar 238.000 mil dari Bumi, membutuhkan waktu sekitar 27,3 hari menyelesaikan satu orbit mengelilingi Bumi. Namun penelitian sebelumnya menemukan Bulan bergerak semakin menjauh, sekitar 1,5 inci per tahun berarti butuh waktu lebih lama bergerak mengelilingi Bumi.

Pada suatu saat, Bulan akan mencapai jarak yang stabil dan hanya terlihat dari satu sisi Bumi. Untuk penelitiannya, Meyers dan rekannya merekonstruksi sejarah mendalam hubungan Bumi dengan Bulan.

Mereka menemukan, 1,4 miliar tahun yang lalu, satu hari di Bumi hanya berlangsung sekitar 18 jam. Demi memperoleh perhitungan tersebut, para peneliti menciptakan metode statistik, menghubungkan teori astronomi dengan pengamatan geologi agar melihat kembali masa lalu geologi Bumi. (uda)

Sumber: iNews.id

Topik Menarik