Menkumham Klaim Desain Baru Paspor Indonesia Tidak Mudah Dipalsukan 

Menkumham Klaim Desain Baru Paspor Indonesia Tidak Mudah Dipalsukan 

Berita Utama | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 12:30
share

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H. Laoly mengklaim desain paspor baru Indonesia kini dilengkapi sekuriti fitur yang termutakhir dari yang sebelumnya sesuai dengan standar The International Civil Aviation Organisation (ICAO). Bahkan menurutnya sekuriti fitur pada paspor baru tidak mudah untuk dipalsukan atau digandakan.

"Ini diikuti dengan sekuriti fitur yang sudah mutakhir dan paspor ini dari beberapa negarastandar ICAO. Kekuatan sebuah paspor itu ditentukan dengan sekuriti fitur tidak mudah di palsukan," kata Yasonna usai Launching Desain Paspor Baru di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/8/2024).

Yasonna menyebutkan desain paspor baru sudah memenuhi standar, paspor sebelumnya juga sudah sangat baik tetapi kita tentu meningkatkan sekuriti fiturnya dengan baik.

"Supaya apa? supaya paspor kita ini disamping jadi identitas pribadi, juga identitas kebangsaan dan juga satu alat perjalanan ke beberapa negara yang aman, kuat dan ketika memasuki embarkasi langsung mengetahui this is Indonesian Pasport yang sekuriti fiturnya sudah cukup baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Yasonna menekankan bahwa paspor desain baru baru akan didistribusi layanan pada 17 Agustus 2025 mendatang. Ia menilai stok paspor sebelumnya masih ada sehingga baru didistribusi tahun depan.

"Tahun depan baru distribusi layanannya 17 Agustus 2025, kenapa? karena kita masih ada stok paspor dan persiapan. Be the first untuk mengambil paspor merah putih ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi RI,Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melaunching desain baru paspor Republik Indonesia (RI) pada momen HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/8/2024).

Paspor desain baru mengambil tema 'Merajut Nusantara' dilengkapi dengan filosofis 33 kain nusantara dan fitur lainnya.

Topik Menarik