Lucu Menggemaskan, Batu Secret Zoo Bakal Kembangbiakkan Panda Merah Himalaya

Lucu Menggemaskan, Batu Secret Zoo Bakal Kembangbiakkan Panda Merah Himalaya

Berita Utama | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 11:23
share

PENGELOLA kebun binatang di Kota Batu bekerjasama dengan Jepang mengembangkan panda merah, satwa langka asal Pegunungan Himalaya.

Satwa pertama telah didatangkan dari Tama Zoological Garden Tokyo, yang menjadikan dari Japanese Association Zoos and Aquariums (JAZA), atau asosiasi kebun binatang dan akuarium Jepang.

Dokter Hewan Jatim Park, Prista Dewi Restanti mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan JAZA untuk melakukan pengembangbiakan panda merah, dan menjadi kebun binatang Indonesia pertama yang bekerja sama dengan JAZA. Dimana saat ini memang baru satu ekor satwa langka itu didatangkan.

"Jadi Kaito, yang usianya dua tahun ini menjadi panda merah pertama yang didatangkan. September mendatang ada satu lagi panda merah jantan bernama Fujimaru, yang rencananya datang," ujar Prista saat dikonfirmasi Okezone di Malang, Sabtu, 17 Agustus 2024.

(Foto: Avirista Midaada/Okezone)

Prista menyebut, untuk tahap awal ini Baru Secret Zoo, yang menjadi bagian dari Jatim Park 2 diberi kepercayaan untuk memelihara dua ekor panda merah jantan. Alasannya, karena satwa ini merupakan jenis satwa langka, yang perlu asesmen detail, sehingga untuk memudahkan perawatan lebih dahulu mendatangkan kelamin jantan.

"Batu Secret Zoo belum pernah menerima satwa panda sebelumnya jadi mereka tidak serta merta percaya, bahwa kita bisa merawat tersebut gitu, untuk panda merah jantan ini intinya dibandingkan betina memiliki kualitas breeding lebih rendah, dibandingkan betina. Makanya kita coba untuk jantan dulu," jelasnya.

Namun tidak menutup kemungkinan bila dalam waktu dua hingga tiga tahun mendatang, akan mendatangkan satwa jenis kelamin betina untuk pengembangbiakan.

Cuma menuju ke sana, JAZA melalui Tama Zoological Garden Tokyo, akan melakukan pendampingan dan pelatihan ke penjaga hewan atau keeper panda merah guna merawat dan mengembangbiakkannya.

"(Rencana pengembangbiakan panda merah) Memang tujuan kami untuk mendatangkan satwa ini selain memberikan edukasi untuk pengunjung. Kita juga nantinya akan melakukan breeding, tetapi ya itu tadi setelah mereka (JAZA) tahu bahwa kita mampu untuk memelihara di sini," terang Prista.

Ia menambahkan, pada prosesnya masih dalam tahap pembelajaran lingkungan dan karakter baik bagi panda merah, maupun keeper-nya. Oleh karenanya, pengelola menyediakan dua jenis kandang, termasuk kandang indoor atau tertutup yang diberi pendingin ruangan atau AC.

"Ke depannya si panda ini juga akan dilatih supaya bisa mudah berinteraksi dengan keeper-nya, disuapin sama keeper-nya. Selama ini kan makanannya kita taruh saja ya, kita sediakan, si pandanya yang ngambil," pungkasnya.

Sebagai informasi, Batu Secret Zoo di Kota Batu, Jawa Timur, mendatangkan satwa langka panda merah dari Tama Zoological Garden Tokyo, Jepang, pada akhir Juli 2024 lalu. Satwa panda merah itu menjalani masa observasi pengenalan lingkungan di kandang tertutup, yang khusus selama satu pekan.

Kemudian pada Kamis lalu panda merah itu resmi dipindah ke kandang barunya dan diperkenalkan ke wisatawan yang datang. Panda merah yang berhabitat asli di Pegunungan Himalaya, mulai dari Nepal, hingga Tiongkok, ini menjadi koleksi kesekian ratus dari kebun binatang yang jadi bagian Jatim Park Group.

Topik Menarik