UI Greenmetric Cetak Rekor Muri soal Penuangan Cairan Eco Enzyme oleh Kampus Terbanyak di Indonesia

UI Greenmetric Cetak Rekor Muri soal Penuangan Cairan Eco Enzyme oleh Kampus Terbanyak di Indonesia

Berita Utama | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 11:33
share

JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) bersama 45 perguruan tinggi lain di Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan, pada Sabtu, 17 Agustus 2024 kemarin.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, melakukan aksi bersama yang membuat UI GreenMetric tercatat dalam Rekor MURI untuk Penuangan Cairan Eco Enzyme oleh Perguruan Tinggi Terbanyak di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Direktur Utama Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Osmar Semesta Susilo, kepada Plh Kepala UI GreenMetric, Dr. Junaidi pada acara Festival Eco Enzyme yang berlangsung di Ruang Apung Perpustakaan Pusat UI.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, menyebut bahwa Festival Eco Enzyme merupakan salah satu inovasi dari UI GreenMetric dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan.

Tahun ini merupakan tahun ketiga dari pelaksanaan Festival Eco Enzyme dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 46 universitas. Ini adalah upaya untuk mendorong kepedulian dan keikutsertaan langsung dari perguruan tinggi terhadap isu lingkungan. Harapannya, kegiatan seperti ini akan membangun karakter dan pemahaman mahasiswa, dosen, serta masyarakat di sekitar kampus, ujarnya dikutip, Minggu (19/8/2024).

Festival Eco Enzyme merupakan kegiatan penuangan cairan eco enzyme atau enzim sampah ke danau maupun sungai yang ada di area kampus. Tahun ini, terkumpul sebanyak 20.928 liter eco enzyme dari 46 universitas yang dituangkan ke area perairannseperti danau, sungai, telaga, dan sebagainya yang ada di kampus masing-masing.

Topik Menarik