Rusia Pastikan Gempa Besar 7,2 SR Tak Ada Ancaman Tsunami

Rusia Pastikan Gempa Besar 7,2 SR Tak Ada Ancaman Tsunami

Berita Utama | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 06:40
share

JAKARTA - Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) melanda pantai timur wilayah Kamchatka Rusia pada kedalaman 51 km (32 mil), menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) pada Sabtu, (18/8/2024).

Melansir Turkiyetoday, Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS telah mengeluarkan ancaman tsunami sebagai respons terhadap gempa tersebut. Pembaruan lebih lanjut dan saran keselamatan diharapkan terjadi seiring pihak berwenang memantau situasi.

Namun, Kementerian Darurat Rusia cabang Kamchatka telah melaporkan bahwa tidak ada ancaman tsunami setelah gempa berkekuatan 7,2 SR di lepas pantai Kamchatka.

Menurut kementerian, gempa susulan tercatat dengan kekuatan berkisar antara 3,9 hingga 5,0, tetapi sebagian besar tidak terlihat.

Sebelumnya, melansir sky.com, Menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa terjadi pada pukul 20.10 waktu Inggris, sekitar 50 mil dari kota pesisir Petropavlovsk-Kamchatsky, yang dikatakan memiliki populasi lebih dari 150.000 orang.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS menyatakan ada ancaman tsunami akibat gempa tersebut. Peringatan tsunami mengatakan bahwa gelombang "mencapai 0,3m-1m" di atas permukaan air laut hanya mungkin terjadi di beberapa wilayah pesisir di Rusia.

Kemungkinan tsunami atau gelombang kuat kemungkinan akan terjadi sekitar pukul 20.30-21.00 waktu Inggris.

Namun, USGS menambahkan bahwa dampaknya mungkin terbatas sehubungan dengan kemungkinan terjadinya tanah longsor atau likuifaksi. Mereka juga memperkirakan "kemungkinan kecil" jatuhnya korban akibat gempa bumi.

Gempa tersebut dapat dirasakan hingga jarak 100 km (62 mil) dari pusat gempa, badan pemerintah AS menambahkan.

Pada tahun 1952, kawasan tersebut dilanda gempa berkekuatan 9 skala Richter yang konon memicu tsunami besar.

Topik Menarik