Jangan Sepelekan Migrain, Bisa Pertanda Penyakit Serius!

Jangan Sepelekan Migrain, Bisa Pertanda Penyakit Serius!

Berita Utama | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 03:30
share

SAKIT kepala sebelah atau lebih dikenal dengan migrain kerap dialami sebagian besar orang. Sayangnya masih banyak orang yang suka menganggap remeh migrain. Padahal migrain bisa jadi pertanda bahaya lho!

Melansir Mayo Clinic, Minggu (18/6/2024) migrain merupakan sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut hebat atau sensasi berdenyut, biasanya di satu sisi kepala. Migrain sering kali disertai mual, muntah, dan kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara.

Serangan migrain dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari, dan nyerinya dapat sangat parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Migrain sendiri dapat ditangani dengan beberapa perawatan sederhana dan obat-obatan. Obat-obatan yang tepat, serta dikombinasikan dengan pengobatan mandiri dapat membantu mengatasi migrain.

Namun, tak sedikit masyarakat menganggap migrain tak boleh disepelekan. Hal ini lantaran tak sedikit publik menganggap migrain merupakan tanda dari penyakit serius. Bagi banyak orang, migrain terjadi secara bertahap. Sekitar 60 orang yang mengalami migrain merasakan gejala seperti kepekaa. terhadap cahaya, suara, atau bau hingga kelelahan.

Apakah Migrain Tanda Penyakit Serius

Salah satu yang dikhawatirkan ialah migrain kronis. Migrain kronis berarti Anda mengalami migrain setidaknya delapan kali per bulan selama setidaknya tiga bulan.

Melansir Claveland Clinic, migrain kronis adalah kondisi yang dapat berubah sepanjang hidup Anda. Antara 26 persen dan 70 persen kasus migrain kronis akan berubah kembali menjadi migrain episodik. Namun, beberapa orang akan mengalami migrain episodik dan migrain kronis dari waktu ke waktu.

Migrain biasanya tidak berbahaya, tetapi akan sangat menganggu. Migrain juga meningkatkan risiko kondisi yang mengancam jiwa seperti stroke dan serangan jantung. Beberapa gejala migrain juga dapat terlihat seperti gejala stroke. Karenanya, migrain kronis memerlukan pemantauan dan pengobatan oleh ahli.

Meski begitu, Anda tetap perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter bila mengalami maslaah migrain yang terus menerus. Meski tak selalu berbahaya, Anda perlu memeriksakannya bila terjadi secara terus menerus dan semakin parah.

Topik Menarik