Korupsi DJKA, Hasto Janji Penuhi Pemeriksaan KPK Jelaskan soal Nomor HP Selasa Depan

Korupsi DJKA, Hasto Janji Penuhi Pemeriksaan KPK Jelaskan soal Nomor HP Selasa Depan

Berita Utama | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 01:00
share

JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan akan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 20 Agustus 2024. Ia akan diperiksa sebagai saksi dalam perkara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

Hasto seharusnya dipanggil lembaga antirasuah itu pada Jumat 16 Agustsu kemarin. Namun, lantaran ada kegiatan yang sudah dijadwalkan sebelumnya tak hadir, dan KPK memanggil ulang Hasto pada hari Selasa 20 Agustus 2024 pekan depan.

"Saya akan hadir untuk memberikan penjelasan mengapa no HP saya bisa disitu, sekaligus menjelaskan saya sebagai sekretaris tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin," kata Hasto usai mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 RI, di halaman masjid At-Taufiq Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Tak hanya soal itu saja, dia memastikan akan memberikan keterangan seluas-luasnya yang akan ditanyakan oleh KPK untuk melakukan pendalaman atas kasus DJKA tersebut.

"Apapun yang diminta KPK, termasuk mereka misalnya seluruh dana kampanye dilaporkan, saya akan menjawab dengan baik," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto mengungkapkan bahwa penyidik memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang. Menurut Tessa, hal tersebut lantaran Hasto tidak bisa memenuhi panggilan tim penyidik Lembaga Antirasuah yang sejatinya dilakukan pada Jumat, 16 Agustus 2024.

"Alasan permohonan karena ada jadwal kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan di tanggal panggilan Penyidik yaitu tgl 16 Agustus 2024, akhirnya diputuskan dijadwalkan ulang menjadi tanggal 20 Agustus 2024," kata Tessa melalui keterangan tertulisnya, Kamis 15 Agustus 2024.

Topik Menarik