Politikus Jerman: Barat Bisa Bantu Ukraina Buat Senjata Nuklir, tapi...

Politikus Jerman: Barat Bisa Bantu Ukraina Buat Senjata Nuklir, tapi...

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 00:15
share

Ukraina dapat menerima bantuan teknis dari Barat dalam membuat bom nuklir kotor untuk digunakan melawan Rusia. Demikian ungkap Gunnar Beck, mantan anggota Parlemen Eropa untuk partai Alternatif untuk Jerman, kepada RT.

Beck mengomentari sebuah laporan oleh jurnalis militer Rusia Marat Khairullin, yang mengklaim bahwa Kiev sedang merencanakan "bendera palsu nuklir - sebuah ledakan bom atom kotor" yang akan menargetkan "lokasi penyimpanan bahan bakar nuklir bekas dari sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir."

Kementerian Luar Negeri Ukraina telah dengan tegas membantah klaim tersebut, menyebutnya sebagai "kebohongan berbahaya."

Mengomentari tuduhan bom kotor, Beck mengatakan bahwa jika perangkat semacam itu digunakan, "tidak diragukan lagi akan terjadi eskalasi lebih lanjut," terutama "jika terlibat dalam serangan terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa," mengacu pada PLTN Zaporozhye milik Rusia.

Ia juga menyatakan bahwa sementara media dan pejabat Barat bersikeras bahwa Kiev dapat menang atas Moskow, "negara-negara yang berada di ambang kemenangan tidak harus menggunakan bom nuklir kotor," dan bahwa metode semacam itu akan "belum pernah terjadi sebelumnya."

"Saya masih skeptis apakah itu akan benar-benar terjadi," mantan anggota Parlemen Eropa itu mengakui.

Ia mencatat bahwa dugaan rencana untuk meledakkan bom kotor dapat digunakan oleh Kiev untuk membujuk Barat agar meningkatkan komitmennya terhadap Ukraina dalam hal pasokan senjata tambahan, atau bahkan mengirim pasukan darat.

Jika laporan tentang senjata itu benar, "jelas, ada kemungkinan Ukraina dibantu" oleh Barat dalam membangun bom kotor, karena pembuatannya memerlukan tingkat kecanggihan teknologi tertentu, kata Beck. Pada saat yang sama, ia menekankan bahwa keterlibatan Barat belum dikonfirmasi saat ini.

Bom kotor adalah perangkat yang menggabungkan bahan peledak konvensional dengan bahan radioaktif. Meskipun tidak dapat menandingi daya rusak hulu ledak nuklir sungguhan, ledakannya dapat mengakibatkan kontaminasi radioaktif di area yang luas.

Rusia beberapa kali menuduh Ukraina mempertimbangkan rencana untuk meledakkan bom nuklir kotor dan menyalahkan Moskow untuk menggalang dukungan Barat bagi negara itu dan melancarkan kampanye kotor yang kuat.

Pejabat Rusia mengatakan bahwa Kiev yang mengendalikan beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi penuh memiliki bahan fisil yang diperlukan untuk melakukan serangan semacam itu.

Topik Menarik