Punya Pemandangan Indah, Sandiaga Uno Bangga Pulau Pramuka Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2024

Punya Pemandangan Indah, Sandiaga Uno Bangga Pulau Pramuka Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2024

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 23:56
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan Pulau Pramuka memang sudah dikenal di kalangan wisatawan. Pulau ini memiliki pemandangan pantai eksotis dengan lautnya yang jernih.

Tidak heran jika Pulau Pramuka masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Penghargaan ini dapat mendukung perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka bersaing dengan 60.000 Desa Wisata di Indonesia. Memiliki wisata air yang menakjubkan seperti keindahan terumbu karang hingga pesona hamparan mangrove. Ada juga kuliner lokal yang menggugah selera.

Dalam kunjungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga telah menjajal sejumlah destinasi wisata di Pulau Pramuka. Sandiaga juga sempat melakukan snorkeling sambil mengibarkan bendera di laut terdalam Pulau Pramuka dalam rangka memperingati HUT RI.

"Kita tadi sudah wisata sejarah, wisata bahari, penanaman terumbu karang, sudah melakukan pengibaran bendera di bawah ari terdalam, sedalam 15 meter," ujar Sandiaga Uno.

"Saya ingin mengucapkan selamat karena Kepulauan Seribu ini punya potensi memajukan pariwisata dan ekonomi, selain itu kita baru meresmikan Desa Wisata Pramuka sebagai salah satu desa terbaik dari ADWI 2024," tuturnya.

Lebih dari 85 persen masyarakat Pulau Pramuka, bergerak di bidang wisata seperti transplantasi terumbu karang yang memiliki penghasilan Rp40 juta per bulan. Ada juga pelaku UMKM yang menjual beberapa sejumlah makanan lokal hingga cendera mata asli Kepulauan Seribu.

Sandiaga tak menyia-nyiakan kunjungannya untuk memborong beberapa produk UMKM di Pulau Pramuka. "Saya nggak mau ke sini hanya Rohali, rombongan hanya lihat-lihat, saya ingin menjadi Rojali, rombongan yang jajan-jajan dan jadi beli produk ekonomi kreatif," katanya.

Topik Menarik