Respons Jokowi soal Megawati dan SBY Tak Hadiri Upacara HUT RI di IKN

Respons Jokowi soal Megawati dan SBY Tak Hadiri Upacara HUT RI di IKN

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 18:20
share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak hadir dalam upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (17/8/2024). Bagaimana respons Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Saya kira kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan saya kira, kata Jokowi di Istana Negara IKN.

Dia enggan menanggapi lebih lanjut ketidakhadiran Megawati dan SBY. Menurutnya, perayaan HUT RI sama saja di mana pun.

Merayakan di mana pun sama, jelasnya.

Diketahui, pemerintah mengundang Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Hanya saja, keduanya tidak menghadiri undangan tersebut.

Megawati tak hadir lantaran bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih di Sekolah PDIP, Jakarta Selatan.

Dalam amanat upacara tersebut menyampaikan elite kekuasaan yang mencoba membelokkan sejarah.

"Seluruh cita-cita besar kemerdekaan itu kini ada yang mencoba membelokkan sejarah melalui kekuasaannya," kata Megawati.

Menurutnya, kemerdekaan yang diletakkan kepada kedaulatan rakyat kini coba diganti dengan kedaulatan kekuasaan. Bahkan, hukum digeser maknanya dari hak keadilan yang hakiki menjadi alat intimidasi.

"Konstitusi yang harusnya menjadi landasan pokok bagi pemimpin dan seluruh rakyat Indonesia untuk dijalankan dengan selurus-lurusnya ternyata bisa seenaknya dibelokkan arahnya," ujarnya.

Sementara, kepastian SBY tidak menghadiri upacara HUT RI di IKN disampaikan anaknya sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dia menyebut, sang ayah merayakan kemerdekaan RI di Pacitan, Jawa Timur (Jatim).

Dia menyebut momentum kemerdekaan ini berbarengan dengan satu tahun berdirinya museum SBY-Ani.

"Karena 17 Agustus juga merupakan hari berdirinya museum dan galeri SBY-Ani di Pacitan," ujar AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (15/8/2024).

AHY menjelaskan SBY sudah merencanakan upacara 17 Agustus di Pacitan sejak jauh-jauh hari bersama rekan seperjuangan di TNI.

Topik Menarik