Megawati: Berilah Hak Rakyat untuk Mencari Pemimpin Sejati, Bukan yang Dipaksakan

Megawati: Berilah Hak Rakyat untuk Mencari Pemimpin Sejati, Bukan yang Dipaksakan

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 12:50
share

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berharap kepada semua pihak untuk memberikan hak kepada rakyat sepenuhnya dalam menentukan pemimpin sejati yang diharapkan masing-masing masyarakat. Sehingga, tujuan diselenggarakannya pemilihan umum (pemilu) benar-benar terwujud.

Hal ini diungkapkan Megawati ketika memberikan amanat Upacara HUT ke-79 RI di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). "Pemilu adalah sebenarnya suatu wahana untuk menunjukkan bahwa hak rakyat sepenuhnya itu dapat digunakan dengan baik," kata Megawati di halaman Masjid At-Taufiq.

Presiden ke-5 RI itu mengaku tak bisa membayangkan jika konsep pemilu yang dijalankan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia ini justru tidak menjadi sebuah kenyataan. Sekali lagi, berilah hak rakyat untuk dapat mencari pemimpinnya yang benar-benar itu bagi mereka adalah pemimpin yang sejati, bukan mencari atau dipaksakan untuk mencari pemimpin yang pada kenyataannya belum mempunyai kader sebagai pemimpin yang mumpuni," ujarnya.

Oleh karena itu, Megawati meminta kepada seluruh kader partainya, terkhusus Satgas Cakra Buana yang menjadi peserta upacara peringatan Kemerdekaan RI ini benar-benar melindungi hak rakyat tersebut.

"Sanggupkah kalian untuk melindungi rakyat untuk memberikan hak rakyat sepenuhnya di tangan mereka. Biarkan mereka merasakan sukacita bahwa tangannya ini kalau nanti mencoblos, maka dia mencoblos seseorang yang benar, seorang pemimpin yang mumpuni, pungkasnya.

Topik Menarik