Prabowo Kenakan Baju Adat Betawi saat Dampingi Jokowi Upacara 17 Agustus di IKN

Prabowo Kenakan Baju Adat Betawi saat Dampingi Jokowi Upacara 17 Agustus di IKN

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:05
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden terpilih, Prabowo Subianto tampak mengenakan pakaian adat khas Betawi saat menghadiri acara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024). Prabowo berada di samping Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi inspektur upacara.

Pakaian yang dikenakan merupakan pakaian adat bangsawan Betawi, yakni Ujung Serong, dengan atasan dan bawahan berwarna hitam yang dilengkapi dengan kain batik serta hiasan kuku macan di saku jas.

Pakaian adat Prabowo Subianto pada peringatan HUT ke-79 RI IKN ini mirip dengan yang dikenakan Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8/2024). Hanya saja ada sedikit perbedaan.

Tidak seperti penampilan Jokowi kemarin yang mengenakan penutup kepala berupa songkok hitam, Prabowo Subianto mengenakan blangkon Betawi berwarna coklat.

Kain batik coklat yang terikat di pinggangnya pun terlihat lebih panjang menjuntai ke bawah, sementara pada penampilan Jokowi kemarin kain batik yang melekat sedikit lebih naik ke atas.

Untuk diketahui, dalam kebudayaan Betawi, pakaian Ujung Serong sering kali dikenakan oleh para tetua adat, tokoh masyarakat, dan pria dewasa dalam acara-acara penting seperti pernikahan, upacara adat, atau saat menghadiri acara resmi lainnya.

Topik Menarik