Upacara HUT RI Ke-79 di IKN, Jokowi dan Iriana Pilih Pakai Baju Adat Kalimantan Timur

Upacara HUT RI Ke-79 di IKN, Jokowi dan Iriana Pilih Pakai Baju Adat Kalimantan Timur

Berita Utama | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 10:49
share

PRESIDEN Joko Widodo ( Jokowi ) dan Ibu Negara Iriana Jokowi hari ini, Sabtu (17/8/2024) hadir di upacara peringatan HUT RI Ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Perdana sekaligus terakhir menjadi pemimpin upacara di IKN, Jokowi kali ini memilih baju adat Kalimantan Timur, tepatnya busana khas tradisional Suku Kutai.

Selaras dengan lokasi upacara 17 Agustus tahun ini. Jokowi dan Iriana diketahui mengenakan baju adat Kalimantan Timur kombinasi warna hitam dan emas yang disebut dengan Kustin.

Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Baju adat Kustin sendiri merupakan warisan kesultanan Kutai. Tak heran, busana adat satu ini berdesain mewah, elegan dan memukau. Baju adat Kustin yang dipakai Jokwoi dan Iriana dengan dominan hitam tersebut, terbuat dari kain beludru atau velvet. Tampak jelas pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas untuk memberikan kesan mewah.

Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Orang nomor satu di Indonesia itu terlihat juga mengenakan asesoris kepala, berbahan bludru dengan sentuhan warna emas. Sementara Iriana, juga begitu anggun dengan gaya rambut disanggul, lengkap dengan tusuk konde kuning emas.

Terakhir, sebagai aksen detail bawahan, Jokowi dan Iriana senada mengenakan kain wastra, Batik bernuansa coklat yang mempermanis tampilan keduanya.

Topik Menarik