Daftar Baju Adat yang Dipakai Jokowi saat Upacara HUT RI

Daftar Baju Adat yang Dipakai Jokowi saat Upacara HUT RI

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 05:50
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI). Tradisi ini berlangsung sejak 2017.

Busana yang dikenakan Jokowi menjadi sorotan saat penyelenggaraan upacara. Tak hanya Jokowi, sejumlah menteri dan tamu undangan juga diwajibkan mengenakan pakaian adat.

"Alasan Presiden Jokowi mengenakan baju adat saat upacara Kemerdekaan RI adalah bentuk merayakan hari bersejarah, sekaligus untuk melestarikan budaya Indonesia," tulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam laman resminya, dikutip Jumat (16/8/2024).

Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-77 RI. (Foto: Antara)
Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-77 RI. (Foto: Antara)

Kemenparekraf menyatakan, pakaian adat yang dikenakan pada momen spesial seperti perayaan HUT RI merupakan strategi mengenalkan kebudayaan Indonesia.

Lalu, pakaian adat apa saja yang pernah dipakai Jokowi saat upacara HUT RI?

Baju Adat yang Dipakai Jokowi saat Upacara HUT RI

1. Baju Adat Tanah Bumbu (HUT ke-72 RI 2017)

Jokowi pertama kali mengenakan pakaian adat saat upacara 17 Agustus saat HUT ke-72 RI pada 2017 lalu. Dia mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ciri khas yang paling dikenali dari baju adat ini adalah penggunaan kain tenun Pegatan pada sarung, serta Laung atau penutup kepala.

Konon, sarung yang digunakan dalam baju adat tersebut merupakan simbol manusia yang terampil dan pekerja keras. Sedangkan, Laung menggambarkan kewibawaan dan keperkasaan.

2. Baju Adat Aceh (HUT ke-73 RI 2018)

Pada upacara HUT ke-73 RI pada 2018 lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh. Busana itu terdiri dari penutup kepala yang disebut Kupiah Meukeutop, terbuat dari teteron berwarna merah, hijau, kuning dan hitam.

Baju yang dikenakan disebut dengan Bajee, berwarna hitam panjang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab.

3. Baju Adat Klungkung, Bali (HUT ke-74 RI 2019)

Pada HUT ke-74 RI pada 2019 lalu, Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali. Pakaian itu berwarna hitam dengan motif cokelat dengan bawahan kain dan penutup kepala.

Biasanya, baju adat itu dikenakan oleh keluarga raja di Bali untuk menghadiri acara kenegaraan.

Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-73 RI. (Foto: Antara)
Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-73 RI. (Foto: Antara)

4. Baju Adat Timor Tengah Selatan, NTT (HUT ke-75 RI 2020)

Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat upacara HUT ke-75 RI pada 2020. Baju adat yang didominasi warna merah dan putih ini memiliki makna yang mendalam.

Warna merah melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo, daerah di Timor Tengah Selatan). Kemudian, ada sedikit modifikasi pada motif Kaif berantai Nunkolo berbentuk belah ketupat yang melambangkan sumber air.

Sedangkan motif pada bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok.

Aksesoris yang digunakan Jokowi juga memiliki makna tersendiri. Contohnya tas sirih pinang dan kapur, menunjukkan budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu, sekaligus melambangkan tanda kasih dan hormat. Kemudian, ikat kepala melambangkan tanda kebesaran raja.

5. Baju Adat Pepadun, Lampung (HUT ke-76 RI 2021)

Jokowi juga pernah mengenakan baju adat Lampung, Pepadun, saat upacara HUT ke-76 RI pada 2021. Meski tampilannya tampak sederhana, baju adat Pepadun yang dikenakan sang kepala negara bermakna kepemimpinan.

Celana putih yang digunakan merupakan warna tertinggi dalam prosesi adat Lampung yang biasa dikenakan Penyimbang (pimpinan dalam adat), melambangkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran. Sedangkan, Sarung Tumpal bermotif Pucuk Rebung melambangkan keagungan.

6. Baju Adat Kesultanan Buton (HUT ke-77 RI 2022)

Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-76 RI. (Foto: Antara)
Baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat upacara HUT ke-76 RI. (Foto: Antara)

Saat menjadi inspektur upacara HUT ke-77 RI pada 2022 lalu, Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Baju adat ini identik dengan motif bergambar bungo rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin.

Dolomani adalah pakaian adat yang digunakan khusus oleh Sultan Buton saat menghadiri upacara resmi kesultanan. Pakaian adat itu terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah.

Tidak ketinggalan, ada pula kotango (baju dalaman), supele (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat) sebagai pelengkap.

7. Baju Adat Kasunanan Surakarta (HUT RI ke-78 2023)

Sedangkan pada upacara HUT ke-78 RI 2023 lalu, Jokowi mengenakan baju adat dari Kasunanan Surakarta, yakni Ageman Songkok Singkepan Ageng. Umumnya, baju adat ini dikenakan oleh para raja dalam acara Enggar Enggar soho Tedhak Loji.

Acara tersebut diselenggarakan saat raja keluar dari keraton menaiki kereta kuda dan dikawal perangkat keraton untuk terjun ke lapangan melihat langsung kondisi masyarakat.

Itulah baju adat yang dipakai saat menjadi inspektur upacara HUT RI. Menarik menunggu baju adat dari daerah mana yang bakal dikenakan Jokowi saat upacara di IKN.

Topik Menarik