Ini Target Kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024, Raih 6 Medali

Ini Target Kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024, Raih 6 Medali

Berita Utama | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 02:30
share

KARANGANYAR, iNews.id- Chief de Mission (CdM) atau Ketua Kontingen Indonesia did Paralimpiade Paris 2024, Reda Manthovani menargetkan enam medali untuk para atlet Indonesia. Enam medali itu terdiri dari satu emas, dua perak dan tiga perunggu.

Paralimpiade Paris 2024 bakal digelar mulai 28 Agustus hingga 7 September mendatang. Tim Indonesia memiliki 35 atlet yang terbagi dalam 10 cabang olahraga (cabor) kejuaraan tersebut.

Pengukuhan Kontingen Indonesia di Paralimpiade 2024 telah dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, pada Kamis (15/8/2024) di Paralympic Training Center, Karanganyar, Jawa Tengah. CdM Reda Manthovani pun turut hadir dalam acara tersebut.

Reda pun mengungkapkan bahwa Tim Merah-Putih menargetkan membawa pulang satu medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu dari Paralimpiade 2024. Menurutnya, jumlah tersebut merupakan target yang realistis untuk dicapai.

"Secara realistis kita menargetkan capaian medali Indonesia pada Paralimpiade 2024 Paris berupa, 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu," kata Reda Manthovani dilansir dari laman resmi Kemenpora, Jumat (16/8/2024).

Lebih lanjut, Reda mengaku optimis target tersebut bisa dicapai oleh para atletnya di Paralimpiade 2024. Pasalnya, segala upaya dan persiapan yang maksimal telah dilakukan untuk menyokong penampilan para wakil Indonesia di ajang empat tahunan tersebut.

"Kami meyakini bahwa target ini akan tercapai melalui upaya dan persiapan yang matang dan serius yang telah dilakukan oleh seluruh olahragawan kita, ofisial dan fihak terkait lainnya," jelas Reda.

"Kami menyatakan bahwa seluruh atlet yang akan berpartisipasi dalam Paralimpiade 2024 Paris telah siap secara fisik dan mental serta telah mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh," pungkasnya.

Sebelumnya, atlet paralimpiade Indonesia telah menjalankan pelatnas di Kota Solo dari November 2023 hingga Agustus 2024. Jumlah 35 atlet yang lolos pada edisi tahun ini, merupakan sebuah kenaikan pesat dari edisi Tokyo 2020 lalu di mana Skuad Garuda hanya memiliki 23 wakil saja.

Rombongan besar Kontingen Indonesia akan bertolak ke Perancis pada Selasa (20/8/2024). Tak sekadar memberangkatkan 35 atlet saja, ada pula 62 ofisial yang terdiri dari 31 tim kepelatihan, delapan manajer, empat tim medis, dua deputi chef de mission, sebelas tim chef de mission dan enam tim media.

Topik Menarik