7 Infeksi Kulit yang Bisa Tertular di Tempat Gym, Nomor 6 Virus Bertahan Seumur Hidup

7 Infeksi Kulit yang Bisa Tertular di Tempat Gym, Nomor 6 Virus Bertahan Seumur Hidup

Berita Utama | sindonews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 00:15
share

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang baik untuk dilakukan. Olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam rumah maupun di pusat kebugaran atau biasa disebut gym. Namun, karena alat-alat di tempat gym sering digunakan oleh banyak orang, hal itu bisa menjadi sarana penularan infeksi kulit.

Infeksi kulit yang sering terjadi di gym bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri, jamur, hingga virus. Bakteri, jamur, maupun virus bisa ada dikarenakan aktivitas olahraga di gym yang membuat seseorang berkeringat dan kurangnya kebersihan peralatan gym, sehingga itu memudahkan seseorang terkena berbagai macam infeksi kulit.

Berikut adalah 7 infeksi kulit yang dapat tertular di tempat gym.

1. Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi yang terjadi di folikel atau pori-pori kulit. Biasanya infeksi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna merah seperti jerawat. Benjolan kecil ini juga akan terasa sangat gatal dan dalam beberapa kasus terasa nyeri.

Jika Anda menggaruknya, benjolan kecil ini akan pecah dan mengeluarkan cairan. Cairan ini cukup berbahaya karena bisa menimbulkan benjolan kecil yang baru di permukaan kulit yang terkena cairan.

Folikulitis biasanya disebabkan oleh bakter. Namun, folikulitis ini juga bisa disebabkan oleh jamur atau saluran keringat yang tersumbat. Selain itu, folikel bisa terluka dikarenakan adanya gesekan permukaan kulit dengan baju olahraga atau bergesekan dengan permukaan kulit yang lain. Ketika folikel ini terluka dengan luka yang terbuka, maka serangkaian bakteri dan jamur bisa dengan mudah tertular dan menyebabkan infeksi folikulitis.

2. Impetigo

Impetigo adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya impetigo ditandai dengan bercak merah dan kulit yang melepuh. Bagian tubuh yang biasanya terserang adalah sekitar wajah, tangan, dan kaki.

Gejala impetigo tidak langsung terlihat setelah pengidap terinfeksi. Umumnya, gejala baru terlihat setelah 4 sampai 10 hari sejak pengidap mengalami paparan bakteri untuk pertama kali.

Seperti yang diketahui, impetigo disebabkan oleh bakteri. Menurut laman Siloam Hospital, bakteri penyebab impetigo dapat berkembang dalam kondisi panas dan lembab. Itulah sebabnya, impetigo di Indonesia bisa terjadi sepanjang waktu. Berbeda dengan kejadian impetigo di negara 4 musim yang lebih banyak terjadi pada musim panas.

Jenis bakteri yang dapat menyebabkan impetigo adalah Streptococcus dan Staphylococcus. Bakteri ini bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita atau penggunaan barang secara bersama-sama. Infeksi juga lebih mudah menular bila ada luka terbuka, misalnya luka goresan.

3. Athletes Foot

Athletes foot atau yang dikenal dengan kutu air adalah infeksi kulit yang biasa disebabkan oleh jamur. Kutu air umumnya adalah infeksi jamur yang ditemukan di sela jari kaki. Gejala kutu air ditandai dengan sela jari kaki yang memerah, terasa gatal, dan bersisik.

Kutu air memang biasanya ditemui di tempat yang lembab. Ketika di area gym, jamur ini akan tumbuh di tikar gym yang sudah bertumbuh jamur. Kutu air juga bisa semakin cepat tertular pada kaki, ketika kaki dalam kondisi basah karena keringat dan langsung menginjak karpet tersebut.

4. Ringworm

Ringworm atau kadas adalah infeksi kulit yang juga disebabkan oleh jamur. Ringworm bisa menginfeksi di berbagai bagian tubuh, tetapi yang paling sering adalah di telapak kaki dan di kulit kepala.

Menurut beberapa sumber, jenis infeksi jamur tinea ini biasanya menempel pada peralatan olahraga, lantai, hingga kursi sehingga penularan infeksi ini bisa sangat mudah terjadi. Selain itu, ketika kulit penderita infeksi jamur bergesekan atau kontak antarkulit, maka hal itu juga bisa menjadi sarana penularan.

Gejala ringworm sama seperti infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, yaitu kulit akan terasa gatal, mengalami kemerahan, dan memiliki tekstur bersisik. Namun, yang membedakan ringworm dari infeksi lain adalah bagian luar permukaan kulit yang terkena ringworm akan membentuk garis membulat seperti bentuk cincin.

5. Tinea Versicolor

Tinea versicolor alias panu adalah salah satu infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Munculnya panu ditandai dengan ercak merah keputihan berbentuk oval dan bersisik. Panu dapat terjadi di bagian mana pun pada tubuh, mulai leher, dada, punggung, hingga wajah.

Panu bisa muncul ketika Anda berolahraga di tempat gym. Hal ini karena ketika Anda selesai berolahraga tubuh akan berkeringat dan kotor, sehingga bisa memicu tumbuhnya jamur seperti panu. Ditambah lagi dengan keadaan tempat gym yang biasanya indoor, membuat kondisi ruangan menjadi lebih cepat lembab dan memudahkan pertumbuhan jamur.

6. Herpes

Herpes adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya lepuhan berwarna kemerahan dan berisi cairan pada kulit. Penyebab penyakit herpes adalah virus. Penyakit ini tergolong penyakit jangka panjang, karena virusnya bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh seseorang.

Herpes disebabkan oleh virus herpes. Ternyata, herpes juga bisa menular melalui kontak fisik. Ketika seseorang yang terkena herpes menggunakan peralatan olahraga dan setelahnya digunakan ke orang lain, maka virus herpes ini bisa menular ke orang lain.

7. Kutil

Kutil adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV). Menurut beberapa sumber, kutil termasuk tumor jinak, yang mana ditandai dengan tumbuhnya benjolan kulit lebih dan bentuknya yang menyerupai kembang kol pada tubuh manusia.

Kutil juga bisa terjadi karena adanya luka pada kulit atau tertular saat menyentuh seseorang yang sebelumnya sudah terinfeksi virus tersebut.

Ketika di gym, biasanya infeksi kulit seperti kutil ini akan tertular dengan cepat pada saat beraktivitas di kamar mandi gym tanpa alas kaki atau menyentuh peralatan yang terkontaminasi virus HPV.

Itulah 7 infeksi kulit yang dapat tertular di tempat Gym. Semoga Anda selalu berhati-hati ketika berolahraga di tempat gym ya! MG/Priscilla Waworuntu

Topik Menarik