Ini Pilot Pesawat Jatuh Tragis yang Tewaskan 62 Orang di Brasil, Namanya Danilo Romano

Ini Pilot Pesawat Jatuh Tragis yang Tewaskan 62 Orang di Brasil, Namanya Danilo Romano

Berita Utama | sindonews | Minggu, 11 Agustus 2024 - 10:30
share

Pilot Penerbangan VoePass 2283 yang jatuh tragis dan menewaskan 62 orang di Sao Paulo, Brasil, diidentifikasi sebagai Kapten Danilo Santos Romano (35). Pesawat ATR 72-500 tersebut berputar-putar di udara sebelum jatuh dan meledak pada Jumat waktu setempat.

Kapten Romano adalah korban pertama yang diidentifikasi setelah tragedi penerbangan tersebut, sebagaimana dilaporkan Globo TV News , Minggu (11/8/2024).

Romano bekerja sebagai pilot selama lebih dari satu dekade, dan telah bersama maskapai VoePass sejak 2022, menurut informasi di halaman LinkedIn-nya.

Pilot tersebut, yang tinggal di Sao Paulo, telah mencatat lebih dari 4.500 jam terbang. Romano selalu tersenyum dan bersedia membantu, kata seorang rekannya.

Foto-foto dari profil Facebook pilot muda itu menunjukkan dia sedang berkompetisi dalam lomba lari 15K baru-baru ini dan merayakan kemenangan klub sepak bola Palmeiras.

Romano berada di kokpit ATR 72-500 yang jatuh di lingkungan perumahan di Vinhedo dengan total 62 orang58 penumpang dan empat awakdi dalamnya. Tidak ada yang selamat dalam tragedi tersebut.

Korban lainnya termasuk kopilot Humberto de Campos Alencar e Silva (61) dan pramugari Dbora Soper Avila (29), menurut Globo TV News , mengutip manifes penerbangan.

Ada juga beberapa dokter di pesawat yang sedang menuju seminar, serta seorang ayah; Rafael Fernando dos Santos, dan putrinya; Liz Ibba Dos Santos (3).

Jumlah korban tewas yang dilaporkan diperbarui pada hari Sabtu ketika pejabat mengonfirmasi bahwa penumpang ke-58 tidak ada dalam manifes karena "masalah teknis.

Hingga Sabtu pagi, 15 jenazah telah dikeluarkan dari reruntuhan pesawat. Jenazah-jenazah tersebut dibawa ke Legal Medical Institute untuk identifikasi formal.

Pesawat yang menuju Sao Paulo itu lepas landas dari Cascavel pada pukul 11.56 waktu setempat hari Jumat, dan terbang selama sekitar satu setengah jam tanpa insiden.

Awak pesawat tidak meminta bantuan atau melaporkan kondisi cuaca buruk apa pun.

Tidak ada pula bukti bahwa awak pesawat mencoba menghubungi pengontrol di bandara regional terdekat, kata Menteri Pelabuhan dan Bandara Silvio Costa Filho kepada wartawan.

"Seluruh kru kompeten," kata CEO VoePass Eduardo Busch dalam sebuah konferensi pers.

"Kami menunggu akses ke semua komunikasi antara pilot dan menara kontrol untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang apa yang terjadi."

Kotak hitam pesawat yang berisi rekaman suara dan data penerbangan telah ditemukan dari lokasi kecelakaan, kata Sekretaris Keamanan Publik Sao Paulo Guilherme Derrite.

Isi kotak hitam akan dianalisis untuk mencari kemungkinan petunjuk tentang apa yang menyebabkan pesawat jatuh lebih dari 13.000 kaki hanya dalam satu menit.

Penurunan yang mengejutkan itu terekam dalam sebuah video yang mengerikan, yang memperlihatkan pesawat itu berputar-putar sebelum jatuh ke tanah.

Pada bulan Oktober 1994, sebuah American Eagle ATR 72-200 jatuh di atas Indiana. Penyebab kecelakaan itu akhirnya dikaitkan dengan penumpukan es saat pesawat berputar-putar dalam pola menahan.

Marcelo Moura, direktur operasi VoePass, mengatakan kepada wartawan Jumat malam bahwa ada es dalam prakiraan cuaca untuk hari Jumat, tetapi masih dalam tingkat yang dapat diterima untuk pesawat.

Pesawat yang jatuh itu disertifikasi di beberapa negara untuk terbang dalam kondisi lapisan es yang parah, termasuk di negara-negara yang tidak seperti negara kita, di mana dampak es lebih signifikan," kata Letnan Kolonel Carlos Henrique Baldi dari pusat investigasi dan pencegahan kecelakaan udara Angkatan Udara Brasil.

Pesawat itu jatuh di halaman rumah pribadi di komunitas kondominium. Tidak ada korban luka di darat, kata penduduk setempat.

Pada hari Sabtu, kendaraan tim forensik dan penyelidik lainnya masih berkeliaran di sekitar lokasi saat petugas bekerja untuk mengevakuasi jenazah korban dan mengumpulkan bukti dari bangkai pesawat.

Topik Menarik