Hasil Liga Europa: Leverkusen ke Final usai Comeback Dramatis Kontra Roma

Hasil Liga Europa: Leverkusen ke Final usai Comeback Dramatis Kontra Roma

Berita Utama | inews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 05:50
share

LEVERKUSEN, iNews.id - Bayer Leverkusen melakukan comeback dramatis untuk memastikan tiket final Liga Europa 2023-2024 usai menahan AS Roma 2-2 pada semifinal leg kedua di BayArena, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB.

Dengan hasil tersebut, Die Werkself menang agregat 4-2 atas Roma, sekaligus mencatatkan rekor tak terkalahkan terlama. Mereka berlari di semua kompetisi termasuk pertandingan Eropa.

Hasil ini membuat Leverkusen masih menatap treble winners musim ini. Setelah juara Liga Jerman 2023-2024, pasukan yang dilatih Xabi Alonso ini juga telah mencapai final Piala Jerman bulan ini.

Para pemain Bayer Leverkusen merayakan sukses mereka ke final Liga Europa 2023-2024 usai menang agregat 4-2 kontra AS Roma di BayArena, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. (Foto: Reuters)
Para pemain Bayer Leverkusen merayakan sukses mereka ke final Liga Europa 2023-2024 usai menang agregat 4-2 kontra AS Roma di BayArena, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. (Foto: Reuters)

Leverkusen memainkan pertandingan ke-49 di semua kompetisi tanpa kekalahan untuk melampaui rekor Benfica yang dibuat pada 1963-1965. Namun, kali ini mereka harus berjuang ekstra untuk mendapatkan hasil imbang pada leg kedua semifinal kontra Roma.

Setelah menyingkirkan Roma, Leverkusen yang mencatatkan 40 kemenangan dalam rekor tak terkalahkan mereka, akan menghadapi tim Italia Atalanta pada finaldi Dublin, 22 Mei mendatang.

Ini akan menjadi final Eropa ketiga bagi Leverkusen, yang memenangi satu-satunya gelar kontinental ketika mereka mengangkat Piala UEFA pada tahun 1988, dan kalah di final Liga Champions 2001-2002.

Pada laga ini, Roma sebenarnya memulai laga dengan apik. Sang Serigala tahu mereka harus mendaki gunung setelah kalah 0-2 leg pertama di kandang sendiri.

Meskipun ada tekanan dari Leverkusen, Roma memimpin lebih dulu melalui penalti Leandro Paredes pada menit ke-43 setelah Jonathan Tah melanggar Sardar Azmoun.

Paredes kembali mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-66 setelah Adam Hlozek melanggarnya.

Tertinggal dua gol, tuan rumah Leverkusen berjuang sampai akhir laga. Dengan delapan menit tersisa, tendangan sudut Leverkusen membingungkan pertahanan tim tamu, termasuk kiper Roma Mile Svilar yang tampil sangat baik, menyebabkan bek Gianluca Mancini secara tidak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri di tiang jauh pada menit ke-82.

Pemain pengganti Joseph Stanisic kemudian mengamankan tempat Leverkusen di buku rekor menjelang masa tambahan waktu dengan menyamakan kedudukan. Pergerakan terampil ke dalam kotak penalti membuatnya menemukan celah untuk menjebol gawang Roma pada menit ke-90+7.

Topik Menarik