Profil Egianus Kogoya, Putra Dalang Penculikan Tim Ekspedisi Lorentz Penyandera Pilot Susi Air

Profil Egianus Kogoya, Putra Dalang Penculikan Tim Ekspedisi Lorentz Penyandera Pilot Susi Air

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 18 Maret 2023 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - ProfilEgianus Kogoya, Panglima Komando Daerah Perang III Ndugama bagian dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dia merupakan pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang bermarkas di Nduga, Papua Pegunungan.

Nama Egianus sudah sejak lama masuk daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua dengan serangkaian aksi teror terhadap warga sipil maupun aparat keamanan. Teranyar, kelompok ini membakar pesawat dan menyandera pilot Susi Air sejak 7 Februari lalu.

Sejak remaja Egianus sudah menjadi bagian dari kelompok separatis. Ayahnya Daniel Yudas Kogoya merupakan salah satu dalang penculikan tim Ekspedisi Lorentz (1996) hingga dilakukan operasi pembebasan sandera yang begitu terkenal hingga dunia yakni Operasi Mapenduma. Operasi ini dipimpin Danjen Kopassus saat itu Brigjen TNI Prabowo Subianto.

Sejak sang ayah meninggal, tongkat komando diserahkan kepada Egianus hingga memimpin kelompok separatis beranggota sekitar 50 orang. Kelompok ini bagian dari tujuh KKB yang masih aktif di Papua yang awalnya berasal dari pecahan Kelly Kwalik, komandan dari sayap militer OPM.

Polda Papua mencatat, KKB pimpinan Egianus Kogoya telah menebar teror selama 5 tahun terakhir. Bahkan di usia yang masih 23 tahun (kelahiran 1999), Egianus tercatat telah melancarkan 65 kali aksi kekerasan bersenjata yang menyebabkan 74 orang luka-luka dan meninggal, baik aparat yang gugur maupun warga sipil.

Kabid Humas Polda Papua Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo merinci jumlah korban meninggal dunia akibat aksi brutal KKB Egianus Kogoya sebanyak 46 jiwa terdiri atas 34 warga sipil dan 12 aparat keamanan TNI-Polri yang gugur.

Sementara untuk korban luka-luka 42 orang terdiri atas 11 warga sipil dan 31 aparat keamanan.

Kejahatan yang dilakukan tersebut diketahui dari 33 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 1 aksi pembantaian dan 2 aksi pembakaran, kata Benny beberapa waktu lalu.

Kelompok Egianus Kogoya juga telah tercatat pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman dan penyanderaan pilot.

Deretan aksi KKB Egianus Kogoya:

1. Tanggal 22 Juni 2018, pesawat Twin Otter PK-HVU Dimonim Air rute Timika-Kenyam ditembak di Lapangan Terbang Kenyam. Serangan ini menyebabkan kopilot Irene Nur Fadila mendapat luka tembak.

2. Tanggal 25 Juni 2018, pesawat Twin Otter Trigana yang mengangkut logistik pemilu dan pihak aparat keamanan ditembak. Sang pilot Kapten Ahmad Kamil terkena luka tembak di punggung. Lalu menyerang masyarakat hingga tiga orang meninggal yakni Hendrik Sattu Kolab (38) dan istrinya Martha Palin (28) serta teman mereka Zainal Abidin (20). Sementara Hendrik (6) mengalami luka parah di wajah akibat dibacok dengan parang.

3. Tanggal 17 Oktober 2018, 15 guru dan tenaga kesehatan disandera di Distrik Mapenduma dan salah seorang di antaranya diperkosa.

4. Tanggal 1-2 Desember 2018, penyerangan terhadap karyawan PT Istaka Karya. Sebanyak 19 orang meninggal, 2 hilang dan 4 selamat.

5.Tanggal 3 Desember 2018, penyerangan terhadap Pos TNI 755 Yalet hingga menyebabkan Serda Handoko gugur dan satu prajurit luka-luka.

6. Tanggal 4 Desember 2018, 1 prajurit terkena luka tembak di Puncak Kabo.

7. Tanggal 5 Desember 2018, kontak tembak menyebabkan Bharatu Wahyu terkena luka tembak.

8. Tanggal 7 Maret 2019, menyerang Distrik Mugi tercatat 3 prajurit gugur, yakni Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu.

9. Tanggal 20 Maret 2019, 3 anggota Brimob ditembak dan salah satunya gugur yakni Bharada Aldi.

10. Tanggal 23 September 2019, Egianus Kogoya memimpin pasukannya mengadang rombongan TNI di Danau Habema, dua prajurit TNI gugur.

11.Tanggal 26 Maret 2022, kontak senjata dengan personel Marinir di Distrik Kenyam menyebabkan dua personel gugur, satu kritis dan tujuh luka-luka.

12. Tanggal 7 Juni 2022, pesawat milik Sam Air yang mendarat di Bandara Kenyam ditembak hingga mengalami kerusakan di bagian tangki dan ban depan pesawat.

13. Tanggal 16 Juli 2022, kelompok Egianus Kogoya membantai 12 masyarakat di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, 10 orang meninggal termasuk salah seorang di antaranya pendeta.

14. Tanggal 7 Februari 2023 KKB membakar pesawat milik Susi Air di Paro dan menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru

Topik Menarik