Begini Cara Hilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama

Begini Cara Hilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 1 Maret 2023 - 16:25
share

MENGHILANGKAN bekas luka di kaki yang sudah lama ternyata tidak sulit. Walau pada beberapa kasus, diperlukan tindakan ekstra untuk hasil yang lebih sempurna.

Bekas luka punya karakter tersendiri. Ada yang mudah dihilangkan, ada juga yang bertahun-tahun tak kunjung hilang. Hal ini ternyata bisa dipengaruhi juga oleh faktor genetik.

"Banyak orang memiliki genetik dan jenis kulit yang membuat mereka lebih rentan terhadap keloid dan bekas luka yang tidak normal," terang laporan Biodermis, dikutip MNC Portal.

Bekak Luka di Kaki

Nah, pada penanganan bekas luka di kaki yang sudah lama, gel silikon dianggap ampuh mengatasi masalah itu. Ini karena gel silikon memungkinkan penggunanya mengontrol kadar air dan oksigen ada bekas luka, menciptakan kondisi ideal penyembuhan.

"Saat jaringan parut terbungkus sepenuhnya oleh silikon, kelembapan yang sangat dibutuhkan terkunci di tempat penyembuhan. Ini memicu sel-sel kulit khusus untuk mengurangi produksi kolagen, meratakan bekas luka, dan memperbaiki warna kulit," terang laporannya.

Gel silikon juga sudah terbukti secara klinis dalam mengatasi masalah bekas luka yang sudah lama ada ini. Terapi ini sudah digunakan selama 30 tahun terakhir untuk pencegahan maupun penanganan bekas luka pasca operasi.

Selain terapi gel silikon, orang yang punya bekas luka di kaki juga perlu memperhatikan beberapa hal agar lukanya tidak bersifat permanen di kulit, antara lain:

1. Jaga kebersihan area luka

2. Gunakan petroleum jelly di sekitar luka untuk menjaga kelembapan

3. Ganti perban setiap hari

4. Gunakan tabir surya pada area luka jika sudah sembuh

5. Minyak esensial bisa menjadi pilihan pengobatan

6. Bila ingin hasil yang maksimal, dapat juga melakukan eksfoliasi di area bekas luka 3 hari sekali.

Jadi, cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama memang butuh ekstra treatment, tapi percayalah jika dilakukan secara rutin dan disiplin, bekas luka bisa hilang dan kaki Anda mulus kembali.

Topik Menarik