Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Benar-benar Bangun Sepak Bola Selama 12 Tahun

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Benar-benar Bangun Sepak Bola Selama 12 Tahun

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 20 November 2022 - 21:50
share

Piala Dunia Qatar 2022 akan dibuka dengan opening ceremony yang begitu megah, Minggu (20/11/2022) malam WIB. Namun, gak banyak yang sadar bahwa Qatar sebenarnya sudah mempersiapkan diri dalam berbagai aspek selama 12 tahun terakhir hanya untuk event istimewa ini.

Pengumuman bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sebenarnya sudah diberi tahu sejak 2010 lalu. Dipilihnya Qatar ini pun sempat menimbulkan kontroversi.

Salah satunya, Qatar disebut menyogok FIFA untuk bisa memenangkan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia. Namun, terlepas dari berbagai kontroversi yang muncul, Qatar benar-benar mempersiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang layak.

Qatar membangun berbagai infrastruktur seperti stadion berstandar FIFA, penginapan atau hotel, hingga memperbaiki jalan dan fasilitas umum lainnya.

Menariknya, delapan stadion yang menjadi venue pertandingan Piala Dunia 2022 ini seluruhnya dipasang AC.

Qatar sadar betul dengan iklim negara mereka yang panas. Maka dari itu, agar pemain tidak mengalami kepanasan saat bertanding, mereka pun memasang AC di setiap stadion demi kenyamanan bersama.

Tidak hanya dari segi infrastruktur, Qatar juga benar-benar membentuk tim nasionalnya selama 12 tahun ini. Sekilas informasi, Qatar pernah dikalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-1 pada Piala Asia 2004. Namun, kini mereka benar-benar berada di level yang berbeda.

Hal itu dibuktikan Qatar saat tampil di Piala Asia 2019 dengan keluar sebagai juara. Mereka menumbangkan tim kuat Jepang dengan skor meyakinkan 3-1 di partai puncak.

Qatar seolah ingin membuktikan diri bahwa mereka benar-benar layak tampil di Piala Dunia. Mereka tentu gak ingin hanya dianggap tim penghibur dengan statusnya sebagai tuan rumah. Menarik tentunya menanti kiprah Timnas Qatar di Piala Dunia 2022 ini.

Apa yang dilakukan Qatar ini tentunya bisa menajdi contoh yang baik bagi Indonesia. Selama ini Indonesia kerap menjadi tuan rumah dari event-event besar. Alangkah baiknya jika hal itu juga diiringi dengan prestasi di atas lapangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik